Polisi Myanmar Semakin Brutal, Tiga Luka Terkena Peluru Karet

Sabtu, 13 Februari 2021 - 08:19 WIB
loading...
Polisi Myanmar Semakin Brutal, Tiga Luka Terkena Peluru Karet
Tiga demonstran Myanmar terluka terkena peluru karet setelah terlibat bentrokan dengan polisi. Foto/jimbakkershow.com
A A A
NAYPYITAW - Pendukung pemimpin Myanmar yang digulingkan Aung San Suu Kyi terlibat bentrokan dengan polisi ketika ratusan ribu orang melakukan demonstrasi pro demokrasi menentang seruan junta militer untuk mengakhiri aksi protes.

Aksi protes yang sebagian besar berlangsung damai pada hari Jumat kemarin adalah yang terbesar sejauh ini, dan terjadi sehari setelah Washington menjatuhkan sanksi pada para jenderal yang memimpin pengambilalihan kekuasaan.



Seorang pejabat Palang Merah Myanmar mengatakan tiga orang terluka ketika polisi menembakkan peluru karet untuk membubarkan kerumunan puluhan ribu orang di kota tenggara Mawlamyine.



Rekaman yang disiarkan oleh Radio Free Asia menunjukkan polisi menyerang para pengunjuk rasa, mengambil satu demonstran dan memukul kepalanya. Para demonstran kemudian melemparkan batu ke arah polisi sebelum tembakan dilepaskan.

"Tiga tertembak - satu wanita di dalam rahim, satu pria di pipinya dan satu pria di lengannya," kata pejabat Palang Merah Myanmar Kyaw Myint, yang menyaksikan bentrokan itu, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (13/2/2021).

Beberapa orang di Mawlamyine ditangkap tetapi kemudian dibebaskan ketika ribuan orang berdiri di luar kantor polisi dan menuntut mereka dibebaskan, menurut rekaman langsung yang disiarkan oleh Radio Free Asia.



Sebuah siaran oleh Radio dan Televisi Myanmar (MRTV) yang dikelola pemerintah mengatakan polisi telah menembakkan 10 peluru karet karena pengunjuk rasa melanjutkan aksi kekerasan tanpa membubarkan diri dari daerah tersebut. Laporan itu tidak menyebutkan ada korban yang terluka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1696 seconds (0.1#10.140)