Ilmuwan Nuklir Iran Disebut Dihabisi Mossad dengan Senjata 1 Ton

Kamis, 11 Februari 2021 - 19:07 WIB
loading...
A A A
Pembunuhan itu terjadi setelah berbulan-bulan ledakan misterius di Iran termasuk ledakan dan kebakaran yang melumpuhkan pabrik perakitan sentrifugal canggih di fasilitas pengayaan uranium Natanz, yang secara luas diyakini sebagai tindakan sabotase yang diduga dilakukan oleh Israel.

Israel telah lama dicurigai melakukan serangkaian pembunuhan terarah terhadap ilmuwan nuklir Iran hampir satu dekade lalu dalam upaya untuk membatasi program nuklir Iran.

Menteri intelijen Iran mengatakan hari Senin bahwa seorang anggota angkatan bersenjata diduga terlibat dalam pembunuhan Fakhrizadeh.

Fakhrizadeh dituding oleh Netanyahu pada tahun 2018 sebagai direktur proyek senjata nuklir Iran.

Ketika Netanyahu kemudian mengungkapkan bahwa Israel telah menghapus dari sebuah gudang di Teheran sebuah arsip besar materi milik Iran yang merinci program senjata nuklirnya, dia berkata: "Ingat nama ini, Fakhrizadeh."

Dalam video yang diunggah ke Twitter tak lama setelah berita pembunuhan itu muncul, Netanyahu, yang menghitung berbagai pencapaian minggu itu, mencatat bahwa; "Ini adalah sebagian daftar, karena saya tidak dapat memberi tahu Anda segalanya...Semuanya untuk Anda, warga negara Israel, untuk negara kita. Ini adalah minggu pencapaian, dan masih banyak lagi. "

Laporan Rabu mengutip seorang sumber yang memperingatkan bahwa operasi tambahan semacam itu berada dalam prospek. "Pembunuhan lebih lanjut direncanakan untuk masa depan, kata sumber tersebut. "Meskipun tidak ada yang dalam skala yang sama dengan Fakhrizadeh atau [Qassem] Soleimani."

Soleimani adalah kepala Pasukan Quds IRGC Iran yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS di Baghdad pada Januari 2020.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)