Tolak Pakai Dasi, Pemimpin Maori Diusir dari Ruang Sidang Parlemen Selandia Baru

Rabu, 10 Februari 2021 - 17:06 WIB
loading...
Tolak Pakai Dasi, Pemimpin Maori Diusir dari Ruang Sidang Parlemen Selandia Baru
Rawiri, yang menjadi anggota parlemen untuk pertama kalinya dalam pemilihan Oktober lalu, mengenakan taonga, liontin batu hijau Maori sebagai ganti dasi. Foto/REUTERS
A A A
WELLINGTON - Rawiri Waititi, seorang pemimpin Maori Selandia Baru diusir dari ruang sidang karena menolak memakai dasi. Rawiri mengatakan, memaksa dirinya memakai kode pakaian Barat adalah pelanggaran haknya dan upaya untuk menekan budaya asli.

Ketua DPR Selandia Baru , Trevor Mallard dua kali mencegah Rawiri Waititi mengajukan pertanyaan dalam debat parlemen kemarin. Dia bersikeras bahwa anggota parlemen hanya dapat mengajukan pertanyaan jika mereka mengenakan dasi.

Rawiri,yang menjadi anggota parlemen untuk pertama kalinya dalam pemilihan Oktober lalu, mengenakan taonga, liontin batu hijau Maori sebagai ganti dasi. Ketika dia melanjutkan pertanyaannya setelah dihentikan untuk kedua kalinya, Mallard memerintahkannya untuk pergi.

"Ini bukan tentang ikatan, ini tentang identitas budaya, sobat," kata Rawiri sembari meninggalkan ruangan, seperti dilansir Reuters pada Rabu (10/2/2021).

Insiden tersebut memicu perdebatan tentang kolonialisme di Selandia Baru dan memicu kemarahan dari seluruh dunia dengan # no2tie yang segera menjadi trending di Twitter.

Pria berusia 40 tahun itu mengatakan, dia tidak terkejut dengan perlakuan Mallard, karena orang Maori telah menghadapi jenis perlakukan semacam ini selama ratusan tahun.

"Maori tidak diperlakukan sama di negaranya sendiri dan penduduk asli di seluruh dunia telah menjadi sasaran diskriminasi karena sistem rasis yang membuat masyarakat kami berada di posisi kedua," katanya.

"Bagi kita untuk melawan penaklukan, untuk melawan asimilasi, untuk melawan mereka yang mencoba dan membuat kita terlihat, merasa, membuat kita berpikir seperti mereka, kami menentang hal itu," sambungnya.

Dalam pertemuan Parlemen Selandia Baru hari ini dia kembali menggunakan pakaian yang sama dan kali ini dia diizinkan untuk berbicara.

Parlemen Selandia Baru saat ini adalah yang paling inklusif yang pernah dipilih di negara tersebut. Hampir setengah dari 120 kursi di parlemen dipegang oleh perempuan. Ini memiliki representasi LGBTQI 11 persen dan representasi Maori 21 persen.

Tapi, Rawiri yang menyebut hubungan sebagai "jerat kolonial," mengatakan masih ada rasisme sistemik di Selandia Baru, dan ini adalah produk penjajahan.

Diminta untuk berkomentar, Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern mengatakan bahwa dia tidak memiliki pendapat yang kuat dalam isu ini.

Dia juga mengaku tidak mempermasalahkan apakah seseorang mengenakan dasi atau tidak dalam pertemuan parlemen. "Ada masalah yang jauh lebih penting bagi kita semua," kata Ardern.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)