Mesir Buka Perbatasan Rafah dengan Gaza hingga Informasi Lebih Lanjut

Rabu, 10 Februari 2021 - 01:01 WIB
loading...
A A A
“Perlintasan itu dibuka Selasa (9/2) pagi dan satu bus yang membawa warga Palestina tiba di Mesir,” ungkap dua sumber pejabat Mesir di perlintasan perbatasan itu.

“Rafah akan tetap terbuka sampai pemberitahuan lebih lanjut," ujar satu sumber di pos pemeriksaan dan sumber keamanan Mesir.

Kedutaan Besar Palestina di Kairo mengatakan, “Mesir telah memutuskan membuka perlintasan itu sebagai hasil dari pembicaraan intensif dan bilateral antara kepemimpinan Palestina dan Mesir untuk memfasilitasi perjalanan warga Palestina ke dan dari Jalur Gaza."

Sumber Palestina yang menghadiri pembicaraan Kairo mengatakan mereka telah diberitahu pejabat intelijen Mesir bahwa langkah itu dirancang untuk menciptakan suasana yang lebih baik dalam negosiasi.

Mesir telah mencoba dengan sia-sia selama 14 tahun untuk mendamaikan kedua faksi utama di Palestina.

Perundingan itu tidak mungkin menjembatani perpecahan ideologis antara Fatah yang strateginya mencari perdamaian dengan Israel, dan Hamas yang menolak mengakui Israel dan mendukung perlawanan bersenjata.

Meski demikian, ini akan menjadi pencapaian yang penting jika faksi-faksi tersebut dapat setuju mengadakan pemilu di Gaza dan Tepi Barat, dengan tujuan membentuk satu pemerintahan terpilih untuk keduanya.

Putaran pembicaraan di Kairo saat ini akan berakhir pada Selasa.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1504 seconds (0.1#10.140)