Taiwan Ucapkan Selamat Imlek kepada China, Tapi Menolak Menyerah

loading...
Taiwan Ucapkan Selamat Imlek kepada China, Tapi Menolak Menyerah
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. Foto/newsinfo.inquirer.net
TAIPEI - Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek kepada China pada Selasa (9/2/2021). Meski begitu, ia menegaskan tidak akan menyerah pada tekanan China dan menegaskan kembali seruan agar dialog dilanjutkan.

China, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, telah meningkatkan aktivitas militernya di sekitar pulau itu dalam beberapa bulan terakhir. Aksi itu sebagai respon terhadap apa yang disebut Beijing sebagai "kolusi" antara Taipei dan Washington, pendukung terpenting Taiwan.

Berbicara setelah pertemuan dengan pejabat keamanan senior, Tsai mengatakan Taiwan melakukan kontak dekat dengan negara-negara terkait tentang situasi di Selat Taiwan, yang memisahkan pulau itu dengan tetangganya yang sangat besar.





"Pesawat militer dan kapal perang China yang beroperasi di sekitar Taiwan tidak kondusif untuk perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik," ucapnya.

“Saya ingin menegaskan kembali bahwa posisi konsisten Taiwan dalam hubungan lintas-selat bukanlah untuk menyerah pada tekanan atau tidak terburu-buru ketika kami mendapat dukungan,” tegas Tsai Ing-wen seperti dikutip dari Reuters.

Tsai menyatakan Taiwan menginginkan pembicaraan yang berarti dengan China atas dasar kesetaraan dan saling menghormati, selama Beijing ingin meredakan ketegangan.



Baca juga: Lawan Pengaruh China, Taiwan Buka Kantor Perwakilan di Guyana
halaman ke-1 dari 2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top