Lawan Pengaruh China, Taiwan Buka Kantor Perwakilan di Guyana

loading...
Lawan Pengaruh China, Taiwan Buka Kantor Perwakilan di Guyana
Pelangi terlihat di belakang bendera Taiwan di Taipei, Taiwan. Foto/REUTERS
TAIPEI - Taiwan telah membuka kantor perwakilan di Guyana. Langkah Taipei dipuji Amerika Serikat (AS) yang khawatir dengan pengaruh China yang semakin kuat di Amerika Latin.

Bekas koloni Inggris itu secara strategis terletak di sebelah Venezuela yang dilanda perselisihan. Venezuela merupakan sekutu utama China. Saat ini Venezuela berselisih dengan Guyana dalam isu wilayah.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Taiwan telah menandatangani perjanjian dengan pemerintah Guyana pada 11 Januari untuk membuka Kantor Taiwan, yang berlaku sebagai kedutaan de facto Taiwan.

Baca juga: AS Terganggu Kabar Wanita Muslim Diperkosa Secara Sistemis di Kamp China

China mengklaim Taiwan sebagai wilayah kedaulatannya tanpa hak untuk menjalin hubungan diplomatik dengan negara-negara lain.



Baca juga: Sekjen PBB Galang Tekanan Global, Pastikan Kudeta Myanmar Gagal

Kemlu Taiwan mengatakan kantor tersebut telah memulai operasi awal pada 15 Januari.

Lihat video: Tumpukan Limbah Medis Menumpuk di Permukiman Warga

Menurut Taiwan, Guyana adalah negara dengan sumber daya pertambangan dan minyak yang kaya dan ibukotanya Georgetown adalah tempat kedudukan sekretariat untuk Komunitas Karibia, atau CARICOM.

Guyana secara tradisional memiliki hubungan dekat dengan China.



Menteri Luar Negeri (Menlu) Guyana Hugh Todd mengatakan yang sedang disiapkan adalah kantor perdagangan dan investasi di Georgetown untuk "menciptakan ruang" bagi sektor swasta di Taiwan dan Guyana untuk berbisnis.

“Guyana tidak mengakui Taiwan sebagai negara merdeka. Guyana tidak membangun hubungan diplomatik dengan Taipei,” ujar dia.

Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Guyana mengatakan memuji perjanjian tersebut.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top