Lawan Pemerkosa, Para Wanita Afrika Selatan Kini Bawa Senjata Api

Senin, 08 Februari 2021 - 10:08 WIB
loading...
Lawan Pemerkosa, Para Wanita Afrika Selatan Kini Bawa Senjata Api
Ilustrasi penggunaan senjata api. Foto/SINDOnews.com
A A A
JOHANNESBURG - Bagi lusinan wanita yang berlatih di tempat latihan tembak dekat Johannesburg, Afrika Selatan , mempelajari cara menggunakan senjata api telah menjadi sarana perlindungan di negara di mana seorang wanita dibunuh setiap tiga jam.

Untuk pertama kali dalam hidupnya, Ntando Mthembu memegang pistol di tangannya. Tanpa ragu dia menembakkan 10 peluru ke arah target kardus.



November lalu, sepupu Mthembu, ditinggalkan sendirian di sebuah rumah selama beberapa jam, diperkosa dan dibunuh secara beramai-ramai.

"Sebelum itu terjadi pada saya, saya ingin bersiap-siap," kata Mthembu yang berusia 33 tahun.

Afrika Selatan adalah salah satu negara paling kejam di dunia, dan tingkat pembunuhannya terus meningkat.

Pada 2019-2020, negara itu mengalami 21.325 pembunuhan, naik 1,4 persen dari tahun sebelumnya. Data tersebut adalah laporan polisi tahunan terbaru.

Tingkat femisida di negara itu lima kali lebih tinggi dari rata-rata global.

"Wanita adalah target di negara ini," kata Matsie Noge, peserta lain dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemilik Senjata Afrika Selatan (GOSA).

Dia membawa serta putrinya yang berusia 24 tahun ke sesi tersebut, khusus untuk wanita. "Saya seharusnya melakukannya dengan cara sebelumnya, ketika dia berusia 15 tahun," ujar Noge yang dilansir France24, Senin (8/2/2021).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2146 seconds (0.1#10.140)