George Shultz Meninggal, Diplomat AS Akhiri Perang Dingin tapi Anjurkan Perang Baru

Senin, 08 Februari 2021 - 06:51 WIB
loading...
A A A
Pelanggaran Terorisme

Shultz menjadi menteri luar negeri beberapa minggu setelah Israel menginvasi Lebanon, sebuah negara yang akan menjadi pusat masalah terorisme, yang akan menentukan masa jabatannya.

Pada tahun 1983, seorang pembom bunuh diri yang diduga seorang militan Muslim Syiah meledakkan barak Marinir AS yang bertugas sebagai penjaga perdamaian di Lebanon, menewaskan 241 orang. Kemudian, serangan kedua yang menargetkan pasukan Prancis, menewaskan 59 orang.

Dengan pembajakan dan pemboman yang meningkat di seluruh dunia, Shultz bersumpah dalam pidatonya tahun 1984 di sinagoga New York bahwa Amerika Serikat akan "melampaui pertahanan pasif untuk mempertimbangkan cara-cara pencegahan aktif, pencegahan dan pembalasan."

"Kita tidak bisa membiarkan diri kita menjadi Hamlet bangsa-bangsa, tanpa henti mengkhawatirkan apakah dan bagaimana menanggapinya," kata Shultz, yang merekomendasikan serangan AS di Libya pada 1986 setelah seorang tentara AS tewas dalam serangan di sebuah kelab malam Berlin.

Doktrin Shultz dikutip dua dekade kemudian ketika George W. Bush menginvasi Irak, yang secara tidak akurat menuduh rezim Saddam Hussein sedang mengejar senjata pemusnah massal.

Shultz secara vokal mendukung invasi tersebut, yang seiring dengan perang yang terjadi akan merenggut ratusan ribu nyawa.

Menyatakan Irak sebagai "negara nakal", Shultz mengatakan penggulingan Saddam Hussein sangat penting untuk integritas sistem internasional dan untuk upaya menangani terorisme secara efektif.

Sementara menteri luar negeri, kebijakan Shultz di Timur Tengah lebih moderat. Dia berulang kali bentrok dengan sekutunya Israel, terutama di Lebanon, dan membuka kontak dengan Organisasi Pembebasan Palestina.

Melanggar Ortodoksi
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)