UE-Rusia Kompak Tolak Sanksi AS Terhadap Kuba

Minggu, 07 Februari 2021 - 12:59 WIB
loading...
UE-Rusia Kompak Tolak Sanksi AS Terhadap Kuba
Lavrov, saat melakukan konferensi pers dengan Borrel, menuturkan bahwa Rusia dan UE memandang sanksi sepihak AS terhadap Kuba tidak sah. Foto/REUTERS
A A A
MOSKOW - Uni Eropa (UE) dan Rusia kompak menolak sanksi yang dijatuhkan Amerika Serikat (AS) terhadap Kuba. Penolakan itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov dan Kepala Kebijakan Luar Negeri UE, Josep Borrell saat keduanya bertemu di Moskow.

Lavrov, saat melakukan konferensi pers dengan Borrel, menuturkan bahwa Rusia dan UE memandang sanksi sepihak AS t erhadap Kuba tidak sah.

"Contoh Kuba dengan sangat baik menggambarkan bahaya dari sanksi sepihak dan perlunya peninjauan kembali," kata Lavrov dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Tass pada Minggu (7/2/2021).

"Pendekatan kami sangat mirip dengan UE. Semua masalah dengan mitra internasional mana pun harus diselesaikan hanya melalui dialog, sementara tekanan kuat, ultimatum, sanks dan hukuman bagi semua orang yang ingin mengembangkan hubungan normal dengan pembatasan ekstrateritorial, semua ini adalah alat. dari masa kolonial," sambungnya.

Pada gilirannya, Borrell mengingatkan bahwa UE menyatakan penyesalan dan penolakan atas keputusan mantan Presiden AS, Donald Trump untuk memasukkan Kuba dalam daftar Negara Sponsor Terorisme.

"Kami sangat menyesali keputusan ini dan kami berharap pemerintahan baru (AS) akan memulihkan situasi dengan membatalkan keputusan Trump, yang menyebabkan kesulitan besar bagi rakyat Kuba dan perdagangan UE serta hubungan ekonomi dengan Kuba," ujarnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2048 seconds (0.1#10.140)