Erdogan Serukan Konstitusi Baru di Turki dengan Aliansi Berkuasa

Selasa, 02 Februari 2021 - 20:25 WIB
loading...
A A A
Sekuritisasi lebih lanjut dan kekuasaan presiden selanjutnya dikritik banyak orang karena bertentangan dengan tradisi netralitas presiden di Turki.

"Tidak peduli seberapa banyak kita berubah, tidak mungkin menghapus tanda-tanda kudeta dan pengawasan yang telah dimasukkan ke dalam semangat konstitusi," ungkap Erdogan.

Dia menyatakan penyesalannya bahwa upaya penyusunan konstitusi baru sebelumnya telah gagal karena "sikap tanpa kompromi" dari oposisi.

Pemimpin Turki itu bersikeras bahwa penyusunan konstitusi baru harus transparan dan dibagikan kepada publik. "Teks yang muncul harus disajikan untuk persetujuan rakyat," ungkap Erdogan.

Saran Erdogan muncul beberapa pekan setelah pemimpin MHP Devlet Bahceli menyarankan perubahan pada konstitusi untuk melarang Partai Demokrat Rakyat (HDP) yang dipimpin Kurdi, yang dituduh memiliki hubungan dengan organisasi teror terlarang, Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

“Mengupayakan konstitusi bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan di bawah bayang-bayang kelompok yang terkait dengan organisasi teroris (PKK) dengan orang-orang yang ikatan mental dan emosionalnya putus dengan negaranya,” tegas Presiden Erdogan.

Meskipun dia tidak memberikan rincian atau indikasi spesifik tentang seperti apa konstitusi baru itu, rencana itu akan menjadi konstitusi sipil baru pertama di Republik Turki.

Dua teks konstitusional terakhir diproduksi pada 1961 dan 1982 di bawah pemerintahan militer.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)