Tim WHO Kunjungi Rumah Sakit Wuhan di Bawah Kontrol Ketat China

Sabtu, 30 Januari 2021 - 17:14 WIB
loading...
A A A
Tepat setahun yang lalu, WHO mengumumkan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional (PHEIC) terhadap wabah virus Corona baru. Ini adalah tingkat kewaspadaan tertinggi.



Penyelidikan yang dilakukan WHO telah diganggu oleh penundaa, kekhawatiran atas akses dan perselisihan antara Beijing dengan Washington. Amerika Serikat (AS) menuding China telah menyembunyikan dampak awal dari wabah dan mengkritik ketentuan kunjungan yang diajukan Beijing, di mana para ahli China melakukan penelitian tahap pertama.

Tim penyelidik WHO sejatinya telah ditetapkan untuk tiba di Wuhan pada awal Januari, dan penundaan kunjungan oleh China mengundang kritik publik yang jarang dilakukan oleh kepala WHO, yang sebelumnya dituduh oleh mantan Presiden AS Donald Trump sangat "China-sentris".

China sendiri telah mendorong retorika bahwa virus itu berasal dari luar negeri sebelum kemudian ditemukan di Wuhan. Media pemerintah China mengutip keberadaan virus pada kemasan makanan beku impor dan makalah ilmiah mengatakan virus itu telah beredar di Eropa pada 2019.



Kementerian Luar Negeri China juga mengisyaratkan bahwa penutupan tiba-tiba laboratorium tentara AS di Fort Detrick di Maryland pada Juli 2019 terkait dengan pandemi.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0971 seconds (0.1#10.140)