Terima Suap Rp3,6 T dan Punya 100 Selingkuhan, Eks Bankir China Dieksekusi

Sabtu, 30 Januari 2021 - 05:51 WIB
loading...
A A A
Dia juga dinyatakan bersalah melakukan bigami setelah tinggal dengan wanita “sebagai suami istri untuk waktu yang lama” di luar pernikahannya dan menjadi ayah dari anak-anak tidak sah.



Lai diduga telah menggunakan posisinya untuk menggelapkan lebih dari 25 juta yuan (USD3,8 juta) dana publik antara tahun 2009 dan 2018.

Kejatuhannya dimulai pada April 2018 ketika para penyelidik memecatnya dari pekerjaannya dan mencopot posisinya di Partai Komunis China.

Beberapa pejabat tinggi partai dan pengusaha telah secara spektakuler jatuh dari kejayaan dalam beberapa tahun terakhir sebagai bagian dari pembersihan anti-korupsi Presiden China Xi Jinping.

Kasus Lai ini mengejutkan China. Lai dilaporkan memiliki brankas dan lemari penuh uang tunai di dalam sebuah flat di Beijing yang dia juluki "supermarket".

Baca Juga: Taktik Mengerikan Jenderal Iran untuk Orang Israel: 'Jangan Buru-buru Dibinasakan!'

Dia juga dilaporkan memiliki emas batangan dan mobil mewah, rekening bank atas nama Ibunya yang berisi ratusan juta yuan, dan lebih dari 100 wanita selingkuhan yang dia berikan properti yang dikembangkan oleh anak perusahaan real estate Huarong.

Pada 2018, Lai pernah membantah melakukan kesalahan. "Saya tidak menghabiskan satu sen pun, dan hanya menyimpannya di sana...Saya tidak berani membelanjakannya," katanya kala itu.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)