Delapan Pesawat Pembom dan 4 Jet Tempur China Terobos Wilayah Taiwan

Minggu, 24 Januari 2021 - 00:01 WIB
loading...
A A A
“Angkatan udara Taiwan memperingatkan pesawat China dan mengerahkan rudal untuk memantau mereka,” ungkap Kemhan Taiwan, menggunakan kata-kata standar untuk menanggapi kegiatan China tersebut.

"Peringatan serangan lintas udara telah dikeluarkan, peringatan radio dikeluarkan dan sistem rudal pertahanan udara dikerahkan untuk memantau aktivitas tersebut," papar Kemhan.

Belum ada komentar langsung dari China. Di masa lalu China mengatakan telah melakukan latihan untuk mempertahankan kedaulatan dan keamanan negara.

Beijing melihat peningkatan dukungan Amerika Serikat (AS) untuk Taiwan yang demokratis, terutama selama pemerintahan Donald Trump.

Tahun lalu, selama kunjungan pejabat senior AS ke Taipei, pesawat China melintasi garis tengah Selat Taiwan, yang biasanya berfungsi sebagai penyangga tidak resmi.

Penerbangan oleh pesawat pembom dan jet tempur China pada Sabtu (23/1) terjadi hanya beberapa hari setelah Joe Biden menjabat sebagai presiden AS.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih Emily Horne mengatakan komitmen AS untuk Taiwan tetap "kokoh" setelah Duta Besar de facto Taiwan di Washington, Hsiao Bi-khim, menghadiri pelantikan Biden pada Rabu.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)