Taliban Minta Biden Hormati Kesepakatan Trump Tarik Pasukan AS

Selasa, 19 Januari 2021 - 14:33 WIB
loading...
A A A
Pemerintah Afghanistan dan Taliban terus melanjutkan negosiasi pada awal Januari di bawah bayang-bayang serangkaian pembunuhan yang ditargetkan terhadap jurnalis, pegawai pemerintah, dan pembela hak asasi manusia independen. Dalam serangan senjata terbaru di Ibu Kota Kabul, dua hakim perempuan Mahkamah Agung tewas pada hari Minggu dalam perjalanan ke tempat kerja, menurut pernyataan dari Istana Kepresidenan Afghanistan.

Gelombang kekerasan baru telah menciptakan tingkat ketakutan dan kecemasan yang belum pernah terjadi sebelumnya di antara warga Afghanistan dan memaksa beberapa jurnalis lokal terkemuka untuk meninggalkan negara itu. Sejak November, lima jurnalis tewas dalam serangan yang ditargetkan dan dua lainnya tewas di Kabul karena penyebab yang tidak diketahui. Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan AS menyalahkan Taliban atas pembunuhan itu, yang dibantah oleh kelompok itu.

Berusaha untuk mengakhiri pertumpahan darah, tim negosiasi Ghani mendorong lebih keras perjanjian gencatan senjata terlebih dahulu sebelum menegosiasikan item agenda utama lainnya - termasuk kesepakatan pembagian kekuasaan - dengan Taliban. Namun kelompok itu ingin gencatan senjata diumumkan pada tahap akhir perundingan.

"Taliban harus memahami bahwa tindakan yang memikul tanggung jawab tersebut membuat marah dunia dan harus dihentikan jika perdamaian ingin datang ke Afghanistan," kata Duta Besar AS di Kabul, Ross Wilson, di Twitter hari Minggu, mengutuk serangan terhadap hakim wanita.

(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)