Khamenei Larang Iran Beli Vaksin Covid-19 dari AS dan Inggris

Jum'at, 08 Januari 2021 - 23:48 WIB
loading...
Khamenei Larang Iran Beli Vaksin Covid-19 dari AS dan Inggris
Pemimpin Tertinggi Spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei melarang pemerintah Iran mengimpor vaksin Covid-19 dari Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Pemimpin Tertinggi Spiritual Iran , Ayatollah Ali Khamenei melarang pemerintah Iran mengimpor vaksin Covid-19 dari Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Dia melabeli kekuatan Barat tidak dapat dipercaya.

Dalam pidato yang disiarkan secara nasional, Khamenei mengangkat prospek AS dan Inggris, musuh lama Iran, kemungkinan berusaha menyebarkan infeksi ke negara lain. ( Baca juga: Sindir Rusuh di AS, Rouhani: Demokrasi Barat Lemah dan Rapuh )

Dia menuturkan bagaimanapun bahwa Iran dapat memperoleh vaksin dari tempat terpercaya lainnya. Dia tidak memberikan perincian, tetapi China dan Rusia, dua negara yang juga memproduksi vaksin Covid-19 adalah sekutu Iran.

"Impor vaksin AS dan Inggris ke negara itu dilarang. Mereka sama sekali tidak dapat dipercaya. Bukan tidak mungkin mereka ingin mencemari negara lain," kata Khamenei, seperti dilansir Reuters pada Jumat (8/1/2021).

“Mengingat pengalaman kami dengan suplai darah Prancis yang tercemar HIV, vaksin Prancis juga tidak dapat dipercaya,” sambungnya, merujuk pada skandal darah yang terkontaminasi di negara itu pada 1980-an dan 1990-an.

Iran diketahui telah meluncurkan uji coba pada manusia terhadap kandidat vaksin Covid-19 domestik pertamanya akhir bulan lalu, dengan mengatakan itu dapat membantu Iran mengalahkan pandemi meskipun ada sanksi AS yang memengaruhi kemampuannya untuk mengimpor vaksin.

Sementara itu, dikesempatan yang sama Khamenei mengesampingkan pembicaraan apa pun mengenai program rudal Teheran dan keterlibatan Iran di Timur Tengah, seperti yang diminta oleh AS dan beberapa negara besar lainnya.( Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Hingga 2022, Erick Thohir Rapikan Data Penerima Vaksin )

"Berlawanan dengan AS, keterlibatan Iran di kawasan itu menciptakan stabilitas dan ditujukan untuk mencegah ketidakstabilan, keterlibatan Iran di kawasan itu pasti dan akan terus berlanjut," imbuhnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1033 seconds (0.1#10.140)