Iran Kembali Sesumbar Bisa Perkaya Uranium hingga 90 Persen

Jum'at, 08 Januari 2021 - 04:36 WIB
loading...
Iran Kembali Sesumbar Bisa Perkaya Uranium hingga 90 Persen
Klaim itu disampaikan oleh Organisasi Energi Atom Iran (AEOI), sehari setelah Teheran mengatakan bisa memperkaya uranium hingga 60 persen. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Iran sesumbar menyatakan dapat memperkaya uranium hingga 90 persen. Klaim itu disampaikan oleh Organisasi Energi Atom Iran (AEOI), sehari setelah Teheran mengatakan bisa memperkaya uranium hingga 60 persen.

"Prestasi kami begitu besar, sehingga kami dapat dengan mudah memperkaya uranium dalam persentase yang berbeda hingga 90 persen," kata juru bicara AEOI, Behrooz Kamalvandi dalam sebuah pernyataan. ( Baca juga: Iran Sesumbar Mampu Memperkaya Uranium hingga 60 Persen )

“Kalau pengayaan di atas 20 persen diperlukan di beberapa daerah, AEOI bisa melakukannya,” sambungnya, seperti dilansir Xinhua pada Jumat (8/1/2021).

Kamalvandi kemarin mengatakan bahwa Teheran telah memulai pengayaan 20 persen di (fasilitas nuklir) Fordow setelah 6 tahun dan memiliki kapasitas di industri nuklir untuk berproduksi pada tingkat yang lebih tinggi bahkan 40-60 persen.

“Saat ini, kami memiliki 4 ton bahan dengan pengayaan 3,5 dan 4 persen dan menurut prediksiberdasarkan ratifikasi parlemen, kami akan meningkatkan kapasitas kami hampir menjadi 500 ton per bulan,” ujarnya. ( Baca juga: Parlemen Iran Dilaporkan Ajukan RUU Pemusnahan Israel )

"Ini berarti 6 ton per tahun dan kami dapat mengatakan bahwa dalam setahun kami akanmemiliki hampir 10 ton uranium yang setara dengan kapasitas sebelum Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA),” imbuh dia.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)