Dokter di Meksiko Masuk Unit Perawatan Intensif Setelah Disuntik Vaksin Pfizer

Minggu, 03 Januari 2021 - 11:44 WIB
loading...
Dokter di Meksiko Masuk Unit Perawatan Intensif Setelah Disuntik Vaksin Pfizer
Seorang dokter di Meksiko dilarikan ke unit perawatan intensif setelah disuntik vaksin COVID-19 buatan Pfizer-BionTech. Foto/Ilustrasi
A A A
MEXICO CITY - Seorang dokter di Meksiko yang menerima vaksin Pfizer untuk melawan virus COVID-19 , dirawat di unit perawatan intensif setelah mengalami kejang-kejang, kesulitan bernapas, dan kemungkinan encephalomyelitis. Demikian pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan Meksiko pada Sabtu waktu setempat.

"Dokter berusia 32 tahun yang menerima vaksin COVID-19 Pfizer dirawat di unit perawatan intensif setelah mengalami ruam, kejang, kelemahan otot dan kesulitan bernapas dalam waktu setengah jam setelah vaksinasi," kata Kementerian Kesehatan Meksiko seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (3/1/2021).

Penyebab reaksi, yang terjadi ketika dokter masih dalam area observasi setelah inokulasi, saat ini sedang diselidiki.



Menurut Kementerian Kesehatan Meksiko, diagnosis awal adalah ensefalomielitis yaitu radang otak dan sumsum tulang belakang yang tersebar di beberapa tempat.

"Dokter sedang dalam pengawasan dan perawatan oleh spesialis dalam pengobatan kritis untuk mengurangi peradangan otak yang terjadi. Perawatan khusus intensif berdasarkan steroid dan antikonvulsan akan terus mengurangi risiko sisa gejalanya," jelas Kementerian Kesehatan Meksiko.(Baca juga: Perawat AS Disuntik Vaksin Pfizer, 8 Hari Kemudian Malah Positif COVID-19 )

Pasien dikatakan memiliki riwayat reaksi alergi terhadap obat lain, seperti Trimetoprim dengan sulfametoksazol, yang dapat menyebabkan gejala serius, terutama ruam kulit, angioedema dan reaksi anafilaksis, atau bahkan kematian.

Kementerian Kesehatan Meksiko menguraikan dalam sebuah pernyataan bahwa, menurut data ilmiah terkini tentang vaksin Pfizer dan BioNTech, tidak ada orang yang sebelumnya mengembangkan ensefalitis setelah disuntik vaksin.(Baca juga: Ratusan Warga Israel Terinfeksi COVID-19 Setelah Disuntik Vaksin Pfizer )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1061 seconds (0.1#10.140)