Paus Fransiskus Muncul setelah Sakit, Ungkap Pesan Damai Tahun Baru

Sabtu, 02 Januari 2021 - 00:01 WIB
loading...
Paus Fransiskus Muncul setelah Sakit, Ungkap Pesan Damai Tahun Baru
Paus Fransiskus menyampaikan pesan Natal di Perpustakaan Apostolik Vatikan. Foto/voanews
A A A
VATIKAN - Paus Fransiskus muncul kembali setelah sakit siatik kronis memaksanya melewatkan kebaktian Tahun Baru Gereja.

Dia tidak menyebutkan penyakitnya saat menyampaikan seruannya untuk perdamaian dunia.

Paus Fransiskus tidak dapat menghadiri kebaktian pada Kamis dan lagi pada Jumat pagi karena linu panggul. Masalah yang relatif umum itu menyebabkan rasa sakit di sepanjang saraf skiatik di punggung bawah dan kaki.

Ini adalah pertama kalinya sejak dia menjadi paus pada 2013 ketika Paus Fransiskus, 84, tak dapat hadir karena alasan kesehatan untuk memimpin acara besar kepausan. (Baca Juga: Susul Inggris, India Setujui Vaksin COVID-19 AstraZeneca)

Meski demikian, dia tidak menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan saat menyampaikan pidato dan doa siang. Dia tampak berdiri di mimbar di perpustakaan Istana Apostolik Vatikan. (Lihat Infografis: Lima Tips Menjalani Hidup Bahagia di Tahun Baru 2021)

“Kehidupan hari ini diatur oleh perang, oleh permusuhan, oleh banyak hal yang merusak. Kita ingin kedamaian. Itu adalah anugerah,” ungkap Paus Fransiskus. (Lihat Video: Pasien RS Wisma Atlet Gelar Pernikahan Virtual, Dirias dan Duduk di Pelaminan)

Dia menambahkan tanggapan terhadap krisis virus corona global menunjukkan pentingnya pembagian beban.



“Peristiwa menyakitkan yang menandai perjalanan umat manusia tahun lalu, terutama pandemi, mengajarkan kami betapa pentingnya menaruh minat pada masalah orang lain dan berbagi keprihatinan mereka,” papar dia.

Pemberkatan pada siang hari biasanya diberikan dari jendela yang menghadap ke Lapangan Santo Petrus. Tapi kali ini dipindahkan ke dalam ruangan untuk mencegah orang banyak berkumpul dan membatasi penyebaran COVID-19.

Paus Fransiskus secara khusus menyoroti kekhawatirannya tentang Yaman, yang telah dirusak kekerasan selama enam tahun. Perang di Yaman terjadi antara pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi melawan gerakan Houthi yang didukung Iran.

Sedikitnya 22 orang tewas dalam serangan di bandara Aden pada Rabu, yang memicu putaran baru serangan udara koalisi.

"Saya mengungkapkan kesedihan dan keprihatinan saya atas eskalasi kekerasan lebih lanjut di Yaman, yang menyebabkan banyak korban yang tidak bersalah," tutur Francis. “Mari kita pikirkan anak-anak Yaman, tanpa pendidikan, tanpa obat-obatan, kelaparan.”
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)