Hentikan Kucuran Dana Bagi WHO, Jerman Kritik AS

Jum'at, 17 April 2020 - 03:43 WIB
loading...
Hentikan Kucuran Dana Bagi WHO, Jerman Kritik AS
Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas. Foto/Politico
A A A
BERLIN - Menteri luar negeri Jerman, Heiko Maas, mengkritik tajam keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk menghentikan pendanaan bagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) selama pandemi virus Corona. Ia membandingkannya dengan melemparkan seorang pilot dari sebuah pesawat di tengah penerbangan.

Berbicara kepada wartawan di Berlin, Maas mengatakan, tidak masuk akal untuk mempertanyakan kemampuan atau signifikansi WHO pada saat ini, waktu terburuk yang mungkin terjadi. Ia menyebutWHO tulang punggung perang melawan pandemi virus Corona dan itu harus diperkuat, bukan dilemahkan.

Ia mengatakan Jerman akan berbicara dengan AS dan akan menyambut diskusi antara pemerintah AS dengan WHO untuk menemukan jalan keluar dari situasi tersebut seperti dikutip dari VOA, Jumat (17/4/2020).

Pada hari Selasa, Trump memerintahkan penghentian sementara pendanaan AS sambil menunggu peninjauan atas dugaan kesalahan langkah WHO dalam mengelola dan merespons wabah COVID-19. Trump menilai WHO terlalu China sentris dalam menangani wabah virus Corona dengan terlalu mempercayai data yang diberikan oleh Beijing.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)