Rusia Memiliki Senjata Nuklir Paling Taktis di Bumi

Kamis, 31 Desember 2020 - 05:39 WIB
loading...
Rusia Memiliki Senjata Nuklir Paling Taktis di Bumi
Sistem rudal berkemampuan nuklir Iskander-M milik Rusia. Foto/TASS
A A A
JAKARTA - Rusia secara luar diyakini memiliki sekitar 3.000 hingga 6.000 hulu ledak nuklir taktis. Jumlah itu turun secara signifikan dari pendahulunya Uni Soviet, yang memiliki setidaknya 13.000 dan sebanyak 22.000 hulu ledak taktis pada akhir Perang Dingin tahun 1991.

Meski begitu, Rusia terus memiliki hulu ledak nuklir paling taktis di dunia, dan tidak ada tanda-tanda bahwa ini akan berubah dalam waktu dekat.

Pertama,hal yang paling mendasar. Bagian dari kesulitan dalam mengukur persediaan senjata nuklir adalah tidak adanya definisi teknis yang diterima secara luas dari istilah-istilah seperti hulu ledak "taktis" dan "strategis". Sebaliknya, istilah-istilah ini adalah perkiraan kasar tentang apa yang seharusnya dilakukan senjata itu.



Dikutip dari National Interest, Kamis (31/12/2020), hulu ledak strategis dianggap sebagai senjata nuklir yang digunakan untuk melawan infrastruktur musuh seperti kota, pusat komando, pusat industri, dan lain lain untuk tujuan strategis. Sebaliknya, hulu ledak taktis digunakan di medan perang sebagai bagian dari pertempuran militer yang sedang berlangsung.

Tidak ada garis pemisah yang tegas antara kedua kategori ini, situasi yang semakin dipermasalahkan oleh standar yang tidak konsisten antara berbagai negara dan kerahasiaan yang melekat seputar senjata-senjata ini.(Baca juga: Derivatsiya-PVO, Senjata Baru Pemusnah Drone Buatan Rusia )

Namun, Barat telah mampu mengumpulkan data yang cukup dapat diandalkan mengenai susunan kasar dari kekuatan nuklir taktis Rusia. Pemilik terbesar nuklir taktis Rusia kemungkinan besar adalah Angkatan Laut. Senjatanya termasuk varian rudal Kalibr yang diluncurkan dari kapal dan kapal selam, yang dapat dioperasikan di berbagai kapal Rusia termasuk kapal selam rudal jelajah bertenaga nuklir Yasen dan fregat kelas Admiral Gorshkov baru-baru ini.

Lalu ada Angkatan Udara, yang terutama mencakup pembom maritim modern Tu-22M3 dan Tu-22M3M. Rudal hipersonik berkemampuan nuklir yang diluncurkan dari udara, Kh-47M2 Kinzhal Rusia mewakili ancaman yang sangat mencolok sebagai senjata nuklir taktis yang sangat sulit untuk dicegat dalam banyak situasi.

Meskipun Su-57 dikabarkan memiliki beberapa kemampuan senjata nuklir yang terbatas, pembom PAK-DA mendatang diharapkan dapat mewakili generasi mendatang dari kemampuan rudal nuklir yang diluncurkan dari udara Rusia.

Sementara itu, pasukan darat Rusia sedang dimodernisasi dengan sistem rudal berkemampuan nuklir Iskander-M.(Baca jug: Putin Sebut Pembuatan Rudal Antar Benua Rusia Hampir Selesai )

Meskipun bukan gambaran yang lengkap, daftar singkat ini tetap menunjukkan bahwa hulu ledak nuklir berkembang biak secara luas di seluruh angkatan bersenjata Rusia serta sumber investasi lebih lanjut yang konstan.

Persediaan senjata taktis Rusia adalah perlindungan terhadap keunggulan yang memenuhi syarat dari pasukan konvensional NATO. Tidak harus solusi serangan pertama, melainkan alat yang dimaksudkan untuk menyamakan kedudukan jika Rusia mulai kalah dalam perang besar. Bergantung pada bagaimana konflik semacam itu — tidak mungkin seperti saat ini — akan terungkap, hulu ledak taktis Rusia juga bisa menonjol menjadi konflik bersenjata Eurasia dengan China.

Meskipun mahal dan semakin sulit bagi Rusia untuk menyimpan dan mempertahankan warisan hulu ledak taktis Soviet yang sudah menua, itu masih jauh lebih efisien dan hemat biaya daripada mencoba — dan kemungkinan gagal, mengingat batasan praktis dari pengeluaran militer Rusia — untuk menyamai keunggulan konvensional NATO. Hulu ledak nuklir taktis adalah, dan kemungkinan akan tetap, cara paling efektif Rusia untuk mengamankan perbatasannya yang luas dan kepentingan keamanan yang luas.(Baca juga: Dilakukan Malam Hari, Produsen AK-47 Sukses Uji Coba Rudal Anti Pesawat Terbaru )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)