Kasus 'Kontainer 39 Mayat' Orang Vietnam, 2 Pria Dinyatakan Bersalah

Selasa, 22 Desember 2020 - 09:34 WIB
loading...
Kasus Kontainer 39 Mayat Orang Vietnam, 2 Pria Dinyatakan Bersalah
Umat Katolik memegang lilin yang menyala selama doa massal untuk 39 orang Vietnam yang ditemukan tewas di sebuah truk dekat London Oktober 2019, di sebuah gereja di provinsi Nghe An, Vietnam, 30 November 2019. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Dua orang penyelundup dinyatakan bersalah pada hari Senin atas pembunuhan 39 pria, wanita, dan anak-anak Vietnam yang mati lemas di belakang truk kontainer berpendingin saat mereka mencoba menuju Inggris .

Penemuan begitu banyak orang meninggal pada Oktober 2019—beberapa di antaranya berusia 15 tahun—mengejutkan Inggris dan Vietnam, dan menyoroti "perdagangan manusia" global asal Asia, Afrika, dan Timur Tengah dalam perjalanan berbahaya ke Barat.

Saat kadar oksigen turun di bagian belakang truk, beberapa dari 39 orang berusaha mati-matian untuk melarikan diri, tetapi sia-sia. Yang lain menggunakan ponsel untuk mengucapkan selamat tinggal terakhir mereka kepada kerabat yang hancur perasaannya di belahan dunia lain. (Baca: AS Gertak Iran dengan Kapal Selam Nuklir Bersenjata Rudal Tomahawk )

“Ini adalah kasus yang sangat tragis; 39 orang rentan yang putus asa untuk kehidupan baru didorong untuk menaruh kepercayaan mereka pada jaringan penyelundup manusia yang tidak bermoral,” kata Russell Tyner, seorang jaksa di Divisi Kejahatan Terorganisir.

“Mereka mati karena kekurangan oksigen, mati-matian berusaha melarikan diri dari wadah. Beberapa dapat mengungkapkan kata-kata terakhir mereka kepada keluarga mereka di ponsel mereka ketika mereka tahu situasi mereka tidak ada harapan," lanjut Tyner, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (22/12/2020).

Eamonn Harrison, seorang pengemudi truk berusia 24 tahun dari Irlandia Utara, dan Gheorghe Nica, 43, dari Essex, dinyatakan bersalah atas 39 dakwaan pembunuhan dan satu dakwaan konspirasi untuk membantu imigrasi yang melanggar hukum, setelah persidangan 10 minggu di Pengadilan Kriminal Pusat Inggris di London.

Dua dari tim penyelundup telah mengawasi dua perjalanan serupa pada awal bulanOktober2019.

"Orang-orang yang dinyatakan bersalah hari ini (Senin) menghasilkan uang dari kesengsaraan," kata Ben Julian Harrington, Kepala Polisi Essex. (Baca juga: Dulu Sembunyi-sembunyi, Kini Ornamen Natal Dijual Terbuka di Arab Saudi )

Sebagian besar dari mereka yang meninggal, berusia antara 15 tahun hingga 45 tahun, berasal dari provinsi Nghe An dan Ha Tinh di utara-tengah Vietnam, di mana prospek pekerjaan yang buruk, bencana lingkungan dan janji imbalan finansial di luar negeri memicu migrasi.

Polisi Inggris merilis penghormatan dari kerabat mereka yang telah meninggal, termasuk orang tua dari penggemar sepak bola Nguyen Huy Hung, salah satu yang termuda di truk pada usia 15 tahun, dan dari anak muda dari Phan Thi Thanh, seorang ibu berusia 41 tahun.

Puisi anak muda tersebut, yang berjudul “Ibu Tercinta” mencantumkan kalimat; “Untuk orang yang masih memiliki Ibu. Tolong jangan membuatnya menangis. Tolong cintai dia, dan jadilah baik. Ini Ibu kita, temanku."

Para terdakwa yang bersalah akan dijatuhi hukuman di kemudian hari.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)