Vaksin COVID-19 Pfizer vs Moderna, Ini Perbandingannya

Sabtu, 19 Desember 2020 - 10:45 WIB
loading...
Vaksin COVID-19 Pfizer vs Moderna, Ini Perbandingannya
Vaksin COVID-19 Pfizer-BionTech dan Moderna digunakan oleh pemerintah AS dalam memerangi pandemi virus Corona baru. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Regulator obat dan makanan Amerika Serikat (AS) telah mengesahkan penggunaan vaksin COVID-19 Moderna untuk darurat. Pengesahan ini diberikan seminggu setelah hal yang sama juga diberikan kepada vaksin buatan Pfizer-BioNTech .

Berikut ini adalah perbandingan kedua vaksin dan apa yang diharapkan saat keduanya tersedia seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (19/12/2020).

PERSAMAAN

Kedua vaksin tersebut menggunakan teknologi messenger RNA (mRNA), yang berisi instruksi bagi sel manusia untuk membuat protein yang menyerupai bagian dari virus Corona. Instruksi tersebut memacu sistem kekebalan untuk bertindak, mengubah tubuh menjadi pabrik vaksin penangkal virus. Tidak ada virus yang sebenarnya terkandung dalam vaksin.



Baik vaksin Pfizer/BioNTech dan Moderna menargetkan lonjakan seperti mahkota di permukaan virus Corona yang digunakannya untuk masuk ke sel manusia yang sehat. Bentuk paku juga memberi nama khas pada keluarga virus.

Vaksin tampaknya sama efektifnya. Vaksin Pfizer dan BioNTech sekitar 95% efektif mencegah gejala penyakit dalam uji coba tahap akhir, sementara vaksin Moderna sekitar 94% efektif.

Keduanya diberikan dalam dua dosis; Pfizer berjarak 21 hari dan Moderna 28 hari. Sangat sedikit peserta yang menerima vaksin dalam kedua uji coba tersebut jatuh sakit karena COVID-19 dan hampir tidak ada yang sakit parah.(Baca juga: Wapres AS Mike Pence Disuntik Vaksin COVID-19 Live di TV )

Data yang telah diserahkan perusahaan ke Badan Obat dan Makanan (FDA) AS menunjukkan bahwa mereka mulai menawarkan perlindungan parsial terhadap COVID-19 sekitar dua minggu setelah penerima menerima dosis pertama mereka.

PERBEDAAN

DINGIN VS ULTRA-DINGIN
Perbedaan utama antara kedua vaksin tersebut adalah suhu yang dibutuhkan untuk menjaganya tetap stabil dalam jangka panjang.

Vaksin Pfizer harus disimpan pada suhu sangat dingin minus 70 derajat Celcius. Setelah dicairkan, hanya bisa didinginkan selama 5 hari. Vaksin tersebut membutuhkan wadah pengiriman khusus yang dikemas dengan es kering untuk menjaganya tetap pada suhu yang tepat.

Sedangkan Vaksin Moderna dapat disimpan pada suhu freezer standar -20 Celcius hingga enam bulan. Setelah dicairkan, dapat disimpan di lemari es hingga 30 hari.(Baca juga: Pfizer-BioNTech, Moderna dan Sinovac: Sekilas Tentang Tiga Vaksin Utama COVID-19 )

EFEK SAMPING DAN KESELAMATAN
Tak satu pun dari dua uji klinis berskala besar dari vaksin tersebut yang menunjukkan efek samping jangka panjang yang serius. Tetapi kedua vaksin memiliki profil efek samping jangka pendek yang sedikit berbeda.

Meskipun vaksin belum dibandingkan secara langsung, vaksin Moderna tampaknya dikaitkan dengan kasus kelelahan, sakit kepala, dan demam yang sedikit lebih parah dalam satu atau dua hari setelah suntikan kedua, terutama pada orang yang berusia di bawah 65 tahun.

Meskipun tidak terlihat dalam uji klinis, vaksin Pfizer telah dikaitkan dengan beberapa kasus reaksi alergi yang parah seperti yang telah terjadi di Inggris dan AS. Setidaknya dua petugas kesehatan di Inggris dan dua di Alaska telah melaporkan reaksi alergi parah segera setelah menerima vaksin Pfizer/BioNTech.

Regulator medis Inggris mengatakan siapa pun dengan riwayat anafilaksis, atau reaksi alergi parah terhadap obat atau makanan tidak boleh mendapatkan vaksin Pfizer/BioNTech COVID-19.

Tetapi FDA AS mengatakan seharusnya aman bagi kebanyakan orang Amerika yang alergi untuk menerima vaksin.(Baca juga: Penasihat FDA Rekomendasikan Vaksin COVID-19 Moderna )

APAKAH MASKER MASIH DIBUTUHKAN?
Lebih banyak data diperlukan untuk memahami dengan tepat seberapa efektif vaksin tersebut dalam mencegah penularan virus. Meskipun keduanya sangat efektif dalam mencegah gejala dan penyakit parah, belum diketahui apakah hal itu mencegah seseorang untuk terinfeksi. Sampai hal itu diketahui, para ahli mengatakan, masker masih diperlukan untuk memastikan orang yang divaksinasi tidak menyebarkan virus.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)