Vaksin COVID-19 Pfizer vs Moderna, Ini Perbandingannya

Sabtu, 19 Desember 2020 - 10:45 WIB
loading...
Vaksin COVID-19 Pfizer vs Moderna, Ini Perbandingannya
Vaksin COVID-19 Pfizer-BionTech dan Moderna digunakan oleh pemerintah AS dalam memerangi pandemi virus Corona baru. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Regulator obat dan makanan Amerika Serikat (AS) telah mengesahkan penggunaan vaksin COVID-19 Moderna untuk darurat. Pengesahan ini diberikan seminggu setelah hal yang sama juga diberikan kepada vaksin buatan Pfizer-BioNTech .

Berikut ini adalah perbandingan kedua vaksin dan apa yang diharapkan saat keduanya tersedia seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (19/12/2020).

PERSAMAAN

Kedua vaksin tersebut menggunakan teknologi messenger RNA (mRNA), yang berisi instruksi bagi sel manusia untuk membuat protein yang menyerupai bagian dari virus Corona. Instruksi tersebut memacu sistem kekebalan untuk bertindak, mengubah tubuh menjadi pabrik vaksin penangkal virus. Tidak ada virus yang sebenarnya terkandung dalam vaksin.



Baik vaksin Pfizer/BioNTech dan Moderna menargetkan lonjakan seperti mahkota di permukaan virus Corona yang digunakannya untuk masuk ke sel manusia yang sehat. Bentuk paku juga memberi nama khas pada keluarga virus.

Vaksin tampaknya sama efektifnya. Vaksin Pfizer dan BioNTech sekitar 95% efektif mencegah gejala penyakit dalam uji coba tahap akhir, sementara vaksin Moderna sekitar 94% efektif.

Keduanya diberikan dalam dua dosis; Pfizer berjarak 21 hari dan Moderna 28 hari. Sangat sedikit peserta yang menerima vaksin dalam kedua uji coba tersebut jatuh sakit karena COVID-19 dan hampir tidak ada yang sakit parah.(Baca juga: Wapres AS Mike Pence Disuntik Vaksin COVID-19 Live di TV )

Data yang telah diserahkan perusahaan ke Badan Obat dan Makanan (FDA) AS menunjukkan bahwa mereka mulai menawarkan perlindungan parsial terhadap COVID-19 sekitar dua minggu setelah penerima menerima dosis pertama mereka.

PERBEDAAN
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2347 seconds (0.1#10.140)