Pompeo Tegaskan AS Akan Terus Mendukung Israel

Rabu, 13 Mei 2020 - 18:55 WIB
loading...
Pompeo Tegaskan AS Akan Terus Mendukung Israel
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Foto/Aawsat
A A A
TEL AVIV - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan Washington berkomitmen untuk mendukung hak Israel untuk membela diri. Hal itu diungkapkan Pompeo saat bertemu dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

"Saya ingin menyatakan belasungkawa saya untuk tentara yang terbunuh (kemarin) dan mengingatkan kita semua pentingnya memastikan bahwa orang-orang di seluruh Israel memiliki hak untuk mempertahankan diri dan Amerika akan secara konsisten mendukung Anda dalam upaya itu," kata Pompeo seperti dikutip dari Sputnik, Rabu (13/5/2020). (Baca: Tentara Zionis Israel Tewas setelah Kepalanya Dilempar Batu )

Pada gilirannya, Netanyahu berterima kasih kepada Pompeo karena mengambil risiko melakukan perjalanan di tengah pandemi. Ia menyebutnya sebagai bukti kekuatan aliansi kedua negara dan kekuatan komitmen Presiden AS Donald Trump terhadap negara Israel.

"Kami akan membentuk pemerintah persatuan nasional, besok, saya pikir ini adalah kesempatan untuk mempromosikan perdamaian dan keamanan berdasarkan pemahaman yang saya capai dengan Presiden Trump dalam kunjungan terakhir saya di Washington pada Januari. Dan ini semua adalah tantangan yang luar biasa," ujar Netanyahu.

"Dan peluang dan kita dapat melakukannya karena kita memiliki ikatan yang kuat yang membuat aliansi antara Israel dan Amerika Serikat menonjol ... ada ikatan nilai-nilai dan kepentingan yang tidak dapat dipecahkan yang telah menjaga aliansi ini bersama-sama," Netanyahu memberikan catatan.

Selain bertemu dengan Netanyahu, Pompeo diperkirakan juga akan bertemu dengan mantan rival politik utama Netanyahu, Ketua parlemen Israel Knesset Benny Gantz. Setelah tiga pemilihan umum dalam waktu satu tahun, keduanya menandatangani perjanjian koalisi dan berada pada tahap akhir pembentukan pemerintah, yang diharapkan akan diresmikan pada 14 Mei.

Pompeo melakukan perjalanan ke Israel dalam perjalanan ke luar negeri yang jarang di tengah pandemi untuk menyambut pemerintah yang baru didirikan dan membahas masalah-masalah bilateral, regional dan global, termasuk rencana aneksasi Tepi Barat yang diduduki dan apa yang kedua negara sebut sebagai "kegiatan memfitnah" Iran.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)