Lockheed Martin Bantu Jepang Bangun Jet Tempur Siluman Baru

Jum'at, 18 Desember 2020 - 15:32 WIB
loading...
Lockheed Martin Bantu Jepang Bangun Jet Tempur Siluman Baru
Prototipe jet tempur F-3 yang dikembangkan Jepang. Foto/getty images
A A A
TOKYO - Lockheed Martin Corp akan membantu Jepang membangun pesawat tempur siluman baru yang diinginkan angkatan udaranya pada pertengahan 2030-an.

Jepang berharap dapat mengimbangi kemajuan teknologi pesawat yang dibuat oleh negara tetangga China. Lockheed Martin Corp merupakan pembuat jet tempur F-35.

“Lockheed akan bermitra dengan pemimpin proyek Mitsubishi Heavy Industries (MHI),” ungkap Kementerian Pertahanan (Kemhan) Jepang dalam siaran pers pada Jumat.

Kemhan Jepang mereformasi kemitraan yang mengembangkan jet tempur terakhir Jepang, F-2, tiga dekade lalu. (Baca Juga: Pentagon: AS Akan 'Lebih Tegas' Melawan China di Pasifik)

"Untuk memastikan interoperabilitas dengan Amerika Serikat, kami akan memulai proyek ini bersama-sama mulai tahun depan," papar Kemhan Jepang. (Lihat Infografis: Akhiri Covid-19, Arab Saudi Mulai Vaksinasi Massal)

Pesawat tempur baru, yang dikenal sebagai F-3 atau F-X dan diperkirakan menelan biaya sekitar USD40 miliar, akan menggantikan F-2. (Lihat Video: Polisi Tangkap Peserta Aksi 1812 di Tanah Abang)



Lockheed telah mengusulkan desain hybrid berdasarkan jet F-35 dan F-22-nya, tetapi Jepang menolaknya demi desain yang dikembangkan sendiri.

Perusahaan asing lain yang telah menyatakan minatnya berpartisipasi dalam pengembangan F-3 adalah pembuat F-18 Super Hornet yakni Boeing Co dan Northrop Grumman Corp dari Amerika Serikat, serta BAE Systems Plc dari Inggris dan pembuat mesin Rolls-Royce Holdings Plc.

Jepang mengatakan akan terus mencari kerja sama untuk F-3 dengan Inggris dan Amerika Serikat untuk mendapatkan akses ke teknologi dan membantu menurunkan biaya pengembangan.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1387 seconds (0.1#10.140)