Navalny Yakin 100% Putin Perintahkan Tim Elit untuk Meracuninya

Rabu, 16 Desember 2020 - 11:34 WIB
loading...
Navalny Yakin 100% Putin Perintahkan Tim Elit untuk Meracuninya
Tokoh oposisi Rusia Alexey Navalny yakin 100% Presiden Vladimir Putin perintahkan tim elit untuk meracuninya. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
BERLIN - Tokoh oposisi Rusia , Alexey Navalny , mengatakan bahwa dia yakin Presiden Vladimir Putin mengetahui operasi bayangan yang rumit oleh agen rahasia elit sebelum dia diracuni.

"Saya benar-benar yakin Putin telah mengetahuinya," kata Navalny pada hari Selasa, saat wawancara dengan Christiane Amanpour dari CNN.

"Operasi dengan keterapilan seperti itu dan untuk waktu yang lama tidak dapat dilakukan tanpa keputusan dari kepala (Dinas Keamanan Rusia) FSB, (Alexander) Bortnikov. Dan dia tidak akan pernah berani melakukannya tanpa perintah langsung dari Presiden Putin," tuturnya seperti dikutip dari situs berbasis di Amerika Serikat itu, Rabu (16/12/2020).



Aktivis anti korupsi itu bereaksi terhadap penyelidikan yang dilakukan oleh kelompok Bellingcat dan bergabung dengan CNN. Penyelidikan itu menyimpulkan bagaimana unit FSB mengikuti timnya selama perjalanan bulan Agustus ke Siberia.

Investigasi menemukan bahwa dua tim yang terdiri dari lima atau enam agen dikerahkan dalam perjalanan Navalny di Siberia pada Agustus 2020, termasuk orang-orang yang berspesialisasi dalam racun dan zat saraf.

Pemerintah Rusia belum menanggapi laporan tersebut, meskipun Kremlin sebelumnya telah membantah terlibat dalam kasus keracunan Navalny.(Baca juga: Rusia Sebut Peracunan Navalny Aksi Amatir )

Navalny jatuh sakit saat melakukan perjalanan pada 20 Agustus selama penerbangan empat jam dari Tomsk ke Moskow.

Kapten pesawat mengalihkan penerbangan ke kota Omsk dan meminta bantuan medis. Belakangan diketahui bahwa pemimpin oposisi Rusia itu telah diracuni oleh zat saraf Novichok.

Uni Eropa sejak itu memberlakukan sanksi terhadap beberapa pejabat senior Rusia termasuk Bortnikov, dengan mengatakan dia bertanggung jawab untuk memberikan dukungan kepada orang-orang yang melakukan atau terlibat dalam peracunan Navalny.(Baca juga: UE Sanksi 6 Pejabat dan 1 Instansi Rusia atas Insiden Peracunan Navalny )

Investigasi CNN/Bellingcat juga menemukan bahwa tim FSB telah mengikuti tim Navalny dalam lebih dari 30 perjalanan ke dan dari Moskow sejak 2017.

"Kami semua mengerti bagaimana (sosis) dibuat (sekarang)," kata Navalny, menanggapi rincian penyelidikan yang diungkap.

Ini bukan kali pertama Navalny menyebut nama Putin terkait kasus peracunan dirinya. Pada bulan Oktober lalu, Navalny juga menyebut Putin berada di balik serangan racun terhadapnya.(Baca juga: Navalny Sebut Putin Berada di Balik Peracunan Dirinya )

Navalny sendiri berada di Berlin, Jerman. Ia dipindahkan ke rumah sakit Charite Berlin, tempat dokter dan laboratorium internasional mengklaim bahwa dia telah diracuni dengan racun saraf Novichok.

Racun saraf kuat ini juga diduga telah digunakan untuk meracuni mantan perwira KGB Sergei Skripal dan putrinya Yulia di Salisbury, Inggris, pada 2018 lalu. Rusia secara resmi membantah berada di balik kedua insiden tersebut.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1699 seconds (0.1#10.140)