Perusahaan Farmasi AS Kembangkan Obat Semprot Hidung untuk Covid-19

Minggu, 13 Desember 2020 - 22:07 WIB
loading...
Perusahaan Farmasi AS Kembangkan Obat Semprot Hidung untuk Covid-19
Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Para ilmuwan di University of Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) dan perusahaan bioteknologi, Regeneron sedang menyelidiki apakah teknologi yang dikembangkan untuk terapi gen dapat digunakan untuk membuat semprotan hidung yang akan mencegah infeksi Covid-19 .

Idenya adalah menggunakan virus yang telah dilemahkan sebagai "kendaraan" pengiriman untuk membawa instruksi genetik ke sel-sel di dalam hidung dan tenggorokan, yang pada gilirannya akan menciptakan antibodi yang kuat untuk menghentikan Covid-19 menyerang tubuh.

(Baca: AS akan Mulai Vaksinasi Covid-19 pada Awal Pekan Depan )

"Keuntungan dari pendekatan kami adalah Anda tidak memerlukan sistem kekebalan yang kompeten agar ini efektif," kata James Wilson, seorang profesor kedokteran di University of Pennsylvania yang memimpin proyek tersebut, seperti dilansir Japan Today.

Teknologi tersebut saat ini sedang diuji pada hewan dan Wilson percaya, bahwa jika berhasil maka dapat memberikan perlindungan sekitar enam bulan dari satu dosis, menyemprot hidung dan itu melengkapi vaksin yang dapat segera disetujui.

Wilson adalah pelopor terapi gen, mengirimkan kode genetik ke dalam sel pasien untuk memperbaiki cacat dan mengobati penyakit. Tim risetnya menemukan bahwa kelompok virus Adeno-Associated Virus (AAV), yang menginfeksi manusia dan primata lain tetapi tidak diketahui menyebabkan penyakit, dapat direkayasa untuk membawa DNA yang sehat ke dalam sel.

Pendekatan ini menyebabkan persetujuan Zolgensma pada 2019, obat pertama untuk pengobatan atrofi otot tulang belakang, dan hari ini AAV sedang diselidiki untuk lusinan aplikasi yang lebih mungkin. Wilson dihubungi oleh pemerintah AS pada bulan Februari untuk mengetahui apakah dia dan labnya dapat menggunakan teknologi tersebut untuk melawan Covid-19.


Tapi, baru setelah Regeneron mengembangkan dua antibodi buatan laboratorium yang menjanjikan melawan virus Corona, yang mengikat protein permukaan patogen dan menghentikannya menyerang sel kita, timnya dapat bergerak maju.

Antibodi Regeneron sendiri saat ini masih dalam tahap pengujian klinis, tetapi telah menerima persetujuan darurat untuk pasien Covid-19 dengan gejala ringan atau sedang yang berisiko tinggi terkena penyakit parah, dan terutama digunakan baru-baru ini untuk merawat Donald Trump.

Para peneliti berharap semprotan hidung dapat disemprotkan melalui lubang hidung, memasuki sel epitel hidung, dan membajak mesin pembuat protein mereka sehingga mereka membuat antibodi Regeneron.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)