Ilmuwan Akan Campur Vaksin AstraZeneca dengan Sputnik V Rusia

Sabtu, 12 Desember 2020 - 05:53 WIB
loading...
Ilmuwan Akan Campur Vaksin AstraZeneca dengan Sputnik V Rusia
Ilmuwan akan melakukan uji coba mencampur vaksin AstraZeneca dengan Sputnik V Rusia. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Ilmuwan Inggris dan Rusia bekerja sama untuk menguji kombinasi vaksin Oxford-AstraZeneca dan Sputnik V untuk melihat apakah perlindungan terhadap Covid-19 dapat ditingkatkan.

Mencampur dua vaksin serupa diyakini dapat menyebabkan respons kekebalan yang lebih baik pada manusia.

Uji coba, yang akan diadakan di Rusia, akan melibatkan orang berusia di atas 18 tahun. Namun tidak diketahui berapa banyak relawan yang akan terlibat.



Oxford baru-baru ini menerbitkan hasil yang menunjukkan vaksin mereka aman dan efektif dalam uji coba pada manusia.

Para peneliti masih mengumpulkan data tentang keefektifan vaksin pada kelompok usia yang lebih tua sambil menunggu persetujuan dari regulator Inggris, MHRA.

AstraZeneca mengatakan sedang menjajaki kombinasi berbagai vaksin adenovirus untuk mengetahui apakah mencampurkannya mengarah pada respons kekebalan yang lebih baik dan, oleh karena itu, perlindungan yang lebih besar.

Dikutip dari BBC, Sabtu (12/12/2020), vaksin Oxford buatan Inggris, yang dikembangkan dalam kemitraan dengan AstraZeneca, dan vaksin Sputnik Rusia, yang dikembangkan oleh Gamaleya Research Institute di Moskow, serupa karena keduanya mengandung materi genetik dari protein lonjakan Sars-CoV-2.

Cara kerjanya berbeda dengan vaksin Pfizer-BioNTech, yang telah disetujui di Inggris, Kanada, Bahrain, Arab Saudi dan direkomendasikan untuk disetujui oleh pakar medis di AS.(Baca juga: Kanada Yakin Pengiriman Vaksin Lancar Meski AS Larang Ekspor )

Hasil awal dari uji coba tahap akhir vaksin Sputnik V sendiri telah menunjukkan hasil yang menjanjikan.

Rusia adalah negara pertama yang mendaftarkan vaksin Covid-19 untuk penggunaan darurat pada Agustus lalu, meski hanya telah diuji pada beberapa lusin orang. Vaksin ini sekarang ditawarkan Rusia sebagai bagian dari kampanye vaksinasi massal.

AstraZeneca mengatakan pihaknya bekerja dengan mitra industri, pemerintah dan lembaga penelitian di seluruh dunia, dan akan segera mulai mengeksplorasi dengan Gamaleya Research Institute di Rusia untuk memahami apakah dua vaksin berbasis adenovirus dapat berhasil digabungkan.(Baca juga: Jepang Beli 10.500 Freezer untuk Vaksin Virus Corona )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)