Pelanggaran HAM atas Pengikut Gulen di Turki Jadi Sorotan Internasional

Jum'at, 11 Desember 2020 - 09:29 WIB
loading...
A A A
Jumlah jurnalis yang dipenjara dan dituntut menurun sebagai akibat dari penyelesaian kasus yang dilakukan setelah kudeta yang gagal pada Juli 2016. Penurunan ini juga dikaitkan dengan keberhasilan pemerintah Turki dalam memberangus media.

Namun, jurnalis dari seluruh spektrum media terus menghadapi ancaman penangkapan dan penuntutan atas liputan mereka tentang masalah-masalah yang sensitif terhadap pemerintah, seperti operasi militer, kemerosotan ekonomi, dan masalah yang dihadapi Kurdi dan kelompok minoritas lainnya di Turki. Cakupan pandemi COVID-19 juga ditambahkan ke daftar tahun ini karena IPI mencatat 13 insiden antara Maret hingga Agustus di mana jurnalis ditahan, diselidiki, atau menghadapi pelanggaran sistematis atas hak-hak mereka saat melaporkan kasus COVID-19.

Laporan IPI menambahkan, meski pengadilan tetap kritis, 79 jurnalis saat ini mendekam di dalam penjara, di mana pada tahun sebelumnya perjuangan kebebasan berekspresi bergeser dari ruang sidang ke ranah regulator. Pemerintah Turki dinilai semakin membatasi kebebasan berekspresi di negara itu melalui regulator yang telah meningkatkan sanksi mereka untuk media cetak dan berbagai lembaga penyiaran.

"Dengan kekuatan mereka yang luas untuk memberikan dan mencabut lisensi dan menjatuhkan sanksi keuangan, regulator dapat memaksa media independen untuk mematuhi atau mengambil risiko penutupan," bunyi laporan tersebut.

Delegasi IPI menyerukan diakhirinya penyalahgunaan badan pengatur negara, termasuk Dewan Tinggi Radio dan Televisi (RTUK) dan Otoritas Periklanan Pers (BIK), untuk menghukum dan melumpuhkan media independen secara finansial.

Laporan tersebut juga menggarisbawahi bahwa RTUK telah meningkatkan kampanye denda dan larangan siaran di stasiun televisi independen.

Disebutkan, Undang-Undang Media Sosial , yang mulai berlaku pada 1 Oktober, menimbulkan ancaman langsung dari sensor ekstensif di Internet. Hal ini sangat mengkhawatirkan—menyusul pengambilalihan oleh negara atas media arus utama—untuk platform media sosial serta situs berita online, di antara benteng terakhir jurnalisme kritis di Turki.

Laporan tersebut dilakukan oleh IPI dengan dukungan dari Association of European Journalists (AEJ), Committee to Protect Journalists (CPJ), European Center for Press and Media Freedom (ECPMF), European Federation of Journalists (EFJ), Osservatorio Balcani Caucaso Transeuropa (OBCT), PEN International, Reporters without Borders (RSF) dan South East Europe Media Organization (SEEMO).

Sementara itu, Advocates of Silenced Turkey (AST) pada peringatan hari HAM internasional pada 10 Desember 2020, didapuk menjadi penyelenggara Konvensi Kebebasan 2020 pada 9-10 Desember untuk menangani semua pelanggaran HAM di Turki terkait sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya seperti yang tercantum dalam dokumen HAM.

AST telah meningkatkan kesadaran tentang pelanggaran HAM di Turki dan mengadvokasi hak-hak orang yang teraniaya. Mereka menyoroti langkah represif Presiden Recep Tayyip Erdogan untuk melakukan pembersihan besar-besaran kepada para pengikut ulama Turki Fethullah Gulen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)