Perusahaan Farmasi Siap Produksi Satu Miliar Vaksin Covid-19 Tahun Depan

Selasa, 12 Mei 2020 - 07:02 WIB
loading...
A A A
Vaksin yang diproduksi Moderna berbasis di Boston, AS, telah memasuki tahap uji kedua. Mereka juga akan merekrut 600 orang dalam beberapa pekan depan untuk uji klinis lebih lanjut. Jika berhasil, vaksin tersebut bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia untuk menghasilkan antibodi yang mampu melawan virus korona.

Vaksin yang dikembangkan Universitas Oxford merupakan pengembangan vaksin untuk Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). MERS dan SARS juga disebabkan virus corona. Karena itu, Oxford tidak menghabiskan banyak waktu untuk mengembangkan vaksin Covid-19. Mereka telah memasuki tahap pertama dengan uji klinis terhadap para sukarelawan berusia 18-55 tahun. Setelah itu selesai, fase kedua dan ketiga akan dilanjutkan dengan lebih banyak sukarelawan.

Vaksin yang diproduksi Pfizer bernama BNT162 dikembangkan bersama perusahaan farmasi Jerman, BioNTech. Fase pertama uji klinis telah dilaksanakan terhadap 360 orang di berbagai rumah sakit. Uji klinis juga dilaksanakan di AS. Pfizer juga berjanji akan memproduksi jutaan dosis vaksin pada 2020 dan ditingkatkan pada tahun depan. (Baca juga: Pandemi Corona Melanda, PBB Setop Kirim Pasukan Penjaga Perdamaian)

Indonesia juga sedang berupaya membuat vaksin. Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro mengakui membutuhkan waktu untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Namun, saat ini tengah diteliti jenis Covid-19 yang beredar di Indonesia.

“Sedangkan untuk vaksin, memang butuh waktu. Tapi, setidaknya dengan sudah dimulainya whole genome sequencing yang sudah di-submit oleh Eijkman dan Unair Surabaya, maka kita bisa deteksi jenis virus Covid apa yang beredar di Indonesia,” katanya seusai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (11/5).

Untuk serum, saat ini memang masih tahap awal penelitiannya. Meski begitu, Indonesia juga tengah melakukan uji klinis terhadap berbagai jenis obat yang dipakai di berbagai negara untuk pasien Covid-19. “Kami juga lakukan uji klinis terhadap pil kina terhadap komponen obat modern asli Indonesia,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, Indonesia juga sudah mengembangkan suplemen untuk meningkatkan daya tubuh terhadap Covid-19. Saat ini suplemen yang berasal dari berbagai bahan herbal itu tengah diuji klinis di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet.

“Update dari plasma konvalensen, ternyata sudah dikembangkan di beberapa RS dan sudah ada protokol nasional untuk melakukan clinical trial di lebih banyak rumah sakit di Indonesia. Sehingga, diharapkan bisa naikkan tingkat kesembuhan pasien,” tuturnya. Bambang juga mengatakan pendekatan stemcell untuk bisa memperbaiki jaringan paru-paru yang rusak akibat Covid-19 sudah mulai dikembangkan.

Diplomasi Vaksin

Penggagas Kongres Diaspora Indonesia dan Penggagas Indonesia Diaspora Network Dino Patti Djalal mengungkapkan, untuk menangani pandemi Covid-19 di Indonesia juga perlu kerja sama internasional satu di antaranya dengan diplomasi vaksin. “Untuk menangani Covid-19 tidak bisa hanya lockdown atau PSBB, tapi juga harus ada kerja sama internasional,” ungkap Dino dalam diskusi melalui sambungan telekonferensi dari Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta (11/5).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0994 seconds (0.1#10.140)