Perusahaan Farmasi Siap Produksi Satu Miliar Vaksin Covid-19 Tahun Depan

Selasa, 12 Mei 2020 - 07:02 WIB
loading...
A A A
Kerja sama internasional saat ini, kata Dino, dengan meningkatkan diplomasi vaksin Covid-19. “Kemudian kita juga harus meningkatkan diplomasi vaksin. Karena yang kita khawatirkan adalah masih ada satu tahun mungkin ya difinalkan, kemudian baru bisa diproduksi dan semua negara akan rebutan,” ucapnya.

Jika tidak gencar melakukan diplomasi vaksin, dikhawatirkan akan sulit untuk mendapatkan vaksin ketika sudah diproduksi. “Dan mungkin yang akan terkena yang paling sulit mendapatkan negara-negara berkembang. Nah, pertanyaannya, Indonesia ngantrenya ke berapa nih nanti pada saat vaksin mulai didistribusikan?” tanya Dino.

Dino pun menegaskan Indonesia harus segera mengencangkan diplomasi vaksin dengan negara internasional. “Sementara ekonomi akan semakin melambat bahkan mungkin kita akan memasuki situasi krisis. Jadi kita harus mengencangkan diplomasi vaksin ini,” katanya.

Selain itu, kata Dino, Indonesia juga harus berperan untuk menjadikan WHO sebagai platform untuk saling kerja sama dalam mengatasi pandemi Covid-19. “Jangan menjadikan WHO tempat bersaing secara negatif,” ujarnya. Dino melihat sekarang sudah mulai ada jalinan kerja sama baik di ASEAN, G-20, maupun PBB. (Andika H Mustaqim/Dita Angga/Binti Mufarida)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0943 seconds (0.1#10.140)