Ada Perjanjian Tukar Kepala Dibalik Pembebasan Eks Menhan Meksiko

loading...
Ada Perjanjian Tukar Kepala Dibalik Pembebasan Eks Menhan Meksiko
Ada perjanjian tukar kepala dibalik pembebasan mantan Menteri Pertahanan Meksiko Jenderal Salvador Cienfuegos. Foto/Al Jazeera
A+ A-
MEXICO CITY - Amerika Serikat (AS) secara mengejutkan mencabut dakwaan pengedaran narkotika terhadap mantan menteri pertahan (menhan) Meksiko. Sebuah laporan terbaru mengungkapkan jika pencabutan dakwaan itu berdasarkan sebuah kesepakatan yang melibatkan perburuan terhadap seorang bos kartel narkoba.

Sebuah sumber di Meksiko mengatakan Mexico City berjanji untuk menangkap seorang pemimpin kartel tingkat tinggi berdasarkan kesepakatan dengan Jaksa Agung AS William Barr.

AS telah mencabut kasus terhadap pensiunan Jenderal Salvador Cienfuegos minggu ini dengan alasan pertimbangan kebijakan luar negeri yang "sensitif dan penting" yang melebihi ketertarikan untuk mengejar dakwaan tersebut.(Baca juga:Mengejutkan, AS Cabut Dakwaan Eks Menteri Pertahanan Meksiko)





"Sebagai imbalannya, Meksiko secara pribadi mengatakan kepada Barr bahwa mereka akan bekerja dengan Amerika Serikat untuk menangkap pemimpin kartel tingkat tinggi yang terlibat dalam perdagangan fentanil opioid sintetis dalam jumlah besar," kata sumber itu seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (21/11/2020).

Reuters tidak dapat mengetahui kartel mana yang menjadi sasaran Meksiko dan pejabat AS. Sumber tersebut menolak memberikan nama apa pun dengan alasan takut membahayakan penyelidikan.

Belum pernah dilaporkan sebelumnya bahwa Barr tertarik untuk menangkap seorang pemimpin kartel senior sebagai imbalan untuk membebaskan Cienfuegos.



Sumber itu, bersama dengan pejabat senior pemerintah lainnya, mengatakan Barr pertama kali mengajukan gagasan untuk mencabut dakwaan terhadap Cienfuegos melalui panggilan telepon dengan Ebrard pada awal November.
halaman ke-1 dari 4
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top