Mengejutkan, AS Cabut Dakwaan Eks Menteri Pertahanan Meksiko

Rabu, 18 November 2020 - 07:59 WIB
loading...
Mengejutkan, AS Cabut Dakwaan Eks Menteri Pertahanan Meksiko
AS mencabut dakwaan manta menteri pertahanan Meksiko Salvador Cienfuegos. Foto/Yahoo
A A A
MEXICO CITY - Amerika Serikat (AS) akan mencabut dakwaan terlibat peredaran narkoba terhadap mantan Menteri Pertahanan Meksiko Salvador Cienfuegos dan menyerahkan penyelidikan atas dugaan kejahatannya ke Meksiko. Langkah itu diambil setelah pemerintah Meksiko melecehkan penanganan kasus tersebut oleh jaksa penuntut AS.

Keputusan mengejutkan untuk membatalkan dakwaan AS dalam kasus bermuatan politik itu diumumkan dalam pernyataan bersama pada hari Selasa waktu setempat antara Departemen Kehakiman AS dan kantor jaksa agung Meksiko.

"Departemen Kehakiman AS telah membuat keputusan untuk mengajukan pembatalan dakwaan pidana AS terhadap mantan Sekretaris Cienfuegos, sehingga dia dapat diselidiki dan, jika sesuai, dituntut, berdasarkan hukum Meksiko," bunyi pernyataan bersama itu seperti dilansir dari Reuters, Rabu (18/11/2020).



Pernyataan itu mengutip "kemitraan penegakan hukum yang kuat" antara dua negara tetangga sebagai pembenaran untuk langkah tersebut.

Departemen Kehakiman AS mengatakan telah memberi Meksiko bukti dalam kasus tersebut dan berkomitmen untuk mendukung penyelidikan yang dipimpin oleh otoritas Meksiko.

Penangkapan Cienfuegos, seorang pensiunan jenderal militer yang selama bertahun-tahun bekerja sama erat dengan rekan-rekannya dari AS dalam kasus-kasus keamanan lintas perbatasan yang sangat sensitif, menimbulkan ketegangan yang parah pada hubungan keamanan antara kedua negara. Meksiko tidak diperingatkan sebelumnya tentang penyelidikan dan penangkapan tersebut.

Sebagai pembalasan, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengancam akan meninjau perjanjian kerja sama yang menetapkan cara agen anti narkoba AS, DEA, beroperasi di negaranya.

Cienfuegos, yang juga menjabat sebagai kepala militer, mengaku tidak bersalah awal bulan ini atas tuduhan konspirasi narkoba dan pencucian uang menyusul penangkapannya pada Oktober lalu di Los Angeles.(Baca juga: Diduga Terlibat Peredaran Narkoba, Eks Menhan Mexico Dibekuk di AS

Baik jaksa penuntut atau pengacara Cienfuegos tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Cienfuegos (72) adalah mantan pejabat tinggi pertahanan Meksiko era Presiden Enrique Pena Nieto dari tahun 2012 hingga 2018. Penangkapannya mengejutkan pihak keamanan Meksiko mengingat ia memiliki kedekatan dengan sejumlah pejabat senior saat ini.

Sebelum berita tersebut diberitakan, Cienfuegos dijadwalkan untuk hadir di pengadilan federal AS di New York pada hari Rabu waktu setempat, di mana dia akan menghadapi bekerja sama dalam peredaran narkotika dan tuduhan pencucian uang.(Baca juga: 'The Godfather' Meksiko Bantu Kirim Berton-ton Kokain dan Heroin ke AS )
(ber)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1792 seconds (11.210#12.26)