Ada Perjanjian Tukar Kepala Dibalik Pembebasan Eks Menhan Meksiko

Sabtu, 21 November 2020 - 15:40 WIB
loading...
A A A
Pemerintah Meksiko belum mengklarifikasi bagaimana rencana untuk membawa Cienfuegos kembali ke Meksiko terjadi, atau ketika ia meminta kepulangannya.

Keputusan untuk membebaskan pejabat pertahanan Meksiko paling senior yang pernah didakwa di AS dengan kolusi kartel berujung dengan kemarahan dari mantan agen DEA yang mengatakan AS memiliki kasus yang cukup kuat untuk menjerat Cienfuegos.

Penangkapan Cienfuegos di Bandar Udara Internasional Los Angeles pada bulan Oktober adalah hasil dari investigasi bertahun-tahun yang menggunakan penyadapan untuk melacak sosok militer, yang dijuluki "El Padrino" oleh para pedagang manusia.

Penyelidik menyimpulkan "El Padrino" atau The Godfather, adalah Cienfuegos dan dia membantu kartel memindahkan berton-ton narkotika.

DEA tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait kesepakatan untuk menangkap seorang tokoh kartel. Reuters tidak dapat menetapkan rincian kesepakatan tersebut.

Setelah AS tahun lalu menjatuhkan hukuman terhadap Joaquin "El Chapo" Guzman, pemimpin kartel Sinaloa yang paling terkenal, fokus penegakan hukum AS dan Meksiko beralih ke Kartel Generasi Baru Jalisco, serta yang lainnya. Termasuk Geng Sinaloa.(Baca juga: Kartel Narkoba China Diduga Diam-diam Beroperasi di Meksiko, Memasok AS )

DEA mengatakan kedua kelompok itu kemungkinan adalah kelompok perdagangan utama narkoba yang bertanggung jawab menyelundupkan fentanil ke AS.

Fentanyl adalah opioid sintetis kuat yang sering dicampur di pasar gelap dengan heroin atau obat penghilang rasa sakit farmasi palsu. Narkoba ini adalah penyebab utama kematian akibat overdosis di AS.

Sementara pemerintahan Presiden AS yang akan keluar Donald Trump berjanji untuk melemahkan kartel Meksiko, tidak ada penangkapan profil tinggi dalam empat tahun terakhir sebelum penangkapan Cienfuegos ketika ia melakukan perjalanan ke AS untuk berlibur.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)