Jet Tempur Siluman J-20 China vs F-22 Raptor AS, Hebat Mana?

Sabtu, 21 November 2020 - 00:00 WIB
loading...
A A A
F-22 dirancang untuk bertarung dengan cara yang sama.

"Setiap pesawat generasi kelima tidak dimaksudkan untuk masuk ke dalam skenario pertempuran udara klasik," kata Birkey. "Mereka seharusnya memahami lingkungan ancaman di depan kurva, menyelami dengan memadai sehingga mereka dapat membereskan urusan, mendapatkan bidikan jarak jauh, dan keluar dari sana."

Terlepas dari kesenjangan pembangunan, AS berkomitmen untuk mempertahankan keunggulannya.

Selain memperbarui AIM-120, rudal jarak jauh baru; AIM-260, sedang dalam pengembangan. Meskipun produksinya mungkin telah berhenti, F-22 masih mendapatkan peningkatan perangkat keras dan perangkat lunak.

Selain itu, F-22 kemungkinan tidak akan pernah berperang sendirian. Ini kemungkinan akan disertai oleh Angkatan Udara F-15 dan F-16, Angkatan Laut F/A-18, dan, tentu saja, F-35—pesawat tempur siluman terbaru, variannya dalam pelayanan dengan Angkatan Udara, Angkatan Laut, dan Korps Marinir.

"Ini bagus untuk mencoba membayangkan tim siluman dan non-siluman bekerja sama dengan platform lain untuk mencoba dan mengakali dan mengalahkan musuh," kata Heath.

AS juga telah "membangun dan menerbangkan" prototipe pesawat tempur generasi keenam, bagian dari program Dominasi Udara Generasi Berikutnya, beberapa tahun lebih cepat dari jadwal.

Pilot dan pesawat Angkatan Udara AS juga memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak. Pilot AS mencatat rata-rata 50% lebih banyak jam terbang setiap tahun daripada pilot China, dan F-22 benar-benar beroperasi di zona perang aktif.

Tapi China juga berkomitmen. Mereka sedang mengembangkan pesawat tempur siluman yang lebih ringan, FC-31, dan tidak seperti AS, para pemimpin China tidak dibatasi oleh politik dalam negeri atau pertanyaan tentang pendanaan.

"Mereka dapat mengembangkan teknologi dengan lebih murah. Mereka dapat mencuri dari siapa saja yang bebas dari hukuman, dan mereka mendapatkan keuntungan massal yang tidak kami miliki," kata Birkey.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)