Jet Tempur Siluman J-20 China vs F-22 Raptor AS, Hebat Mana?

loading...
Jet Tempur Siluman J-20 China vs F-22 Raptor AS, Hebat Mana?
Jet tempur siluman F-22 Raptor Amerika Serikat (kiri) dan jet tempur siluman J-20 China. Foto/Military Watch Magazine
A+ A-
BEIJING - Bagian penting dari modernisasi militer China yang sedang berlangsung adalah J-20, jet tempur siluman pertama negara itu.

J-20, kemungkinan didasarkan pada desain pesawat tempur Amerika Serikat (AS) yang dicuri, terlihat sangat mirip dengan F-22 Raptor Angkatan Udara AS. Namun penampilan bukan satu-satunya kesamaan antara dua jet tempur generasi kelima tersebut.

Selain kapal induk China dan program rudal balistik, tidak ada sistem senjata yang menarik perhatian sebanyak J-20 Mighty Dragon, pesawat tempur siluman pertama China.

Pesawat ini adalah pesawat tempur siluman generasi kelima operasional ketiga di dunia, satu-satunya dalam layanan resmi yang tidak dirancang oleh AS atau sekutunya.



Dua jet tempur J-20 pernah terlihat di pangkalan udara China dekat perbatasan India bulan lalu setelah ketegangan antara kedua negara meningkat. Dua jet tempur J-20 diperlihatkan melakukan serangan dalam latihan tempur yang rekaman videonya dirilis oleh media pemerintah China. (Baca: Penjelasan Jet Tempur J-20 China Bisa 'Lumpuhkan' F-35 dan F-22 AS Jika Bentrok)

Penilaian konvensional menyatakan bahwa J-20 saat ini tidak dapat menghadapi F-22 Angkatan Udara AS dalam pertempuran udara langsung. Tapi J-20, dan program jet tempur siluman China secara keseluruhan, masih muda, dan mungkin sangat matang.

J-20 vs F-22



Pengembangan J-20 dimulai dengan sungguh-sungguh setelah F-22 diluncurkan. Spesifikasi pastinya tidak diketahui, tetapi diyakini mampu mencapai kecepatan maksimum mendekati Mach 2 (1.535mph), ketinggian langit-langit sekitar 60.000 kaki, dan jangkauannya hampir 700 mil.
halaman ke-1 dari 5
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top