Yunani Beli F-35, Turki Akan Gunakan S-400

Kamis, 19 November 2020 - 15:14 WIB
loading...
A A A
"Ketika Ankara menyebarkan S-400 di Laut Aegea dan Mediterania Timur, itu akan memungkinkan (Turki) untuk membangun superioritas regional atas Yunani dan negara lain di kawasan yang melakukan kebijakan provokatif di Mediterania Timur," ia menambahkan.

Eslen menyoroti bahwa alih-alih meningkatkan kehadiran militernya di kawasan, Athena perlu mengambil langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah dalam hubungan bilateral dengan Turki, dengan mempertimbangkan kepentingan bersama kedua negara.

"Mengingat bahwa ekonominya berada dalam keadaan yang mengerikan, Yunani menghabiskan uang ini untuk membangun pabrik di negara tersebut daripada membeli F-35", dia menyarankan.

Modernisasi Angkatan Udara Yunani yang diproyeksikan terjadi di tengah ketegangan yang membara antara Athena dan Ankara atas kegiatan eksplorasi energi yang terakhir di perairan yang disengketakan di Mediterania Timur. Keputusan Turki untuk memberangkatkan kapal seismik Oruc Reis pada Agustus 2020 ke perairan yang juga diklaim oleh Yunani dan Siprus menjadi pemicu pertikaian yang sedang berlangsung.

Pensiunan jenderal itu menyatakan keprihatinan atas tekanan yang semakin diberikan pada Turki oleh negara-negara Barat dan sekutu NATO-nya.(Baca juga: Turki Masih Incar Sistem Rudal Patriot AS meski Miliki S-400 Rusia )

"Terhadap siapa Yunani ingin menggunakan pesawat F-35?" dia bertanya. "Mengapa Prancis mengirim kapal induknya ke Mediterania Timur? Persepsi ancaman Turki telah berubah sejak Perang Dingin," kata Eslen.

"Saat ini Turki menerima ancaman dari negara-negara anggota NATO. Negara-negara Barat mendukung elemen yang menjadi ancaman bagi kepentingan nasional Turki, seperti Partai Buruh Kurdistan (ditunjuk sebagai organisasi teroris oleh Ankara) dan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG). Oleh karena itu, Ankara dipaksa untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk memastikan keamanannya. Tekadnya untuk membeli dan mengoperasikan S-400 sepenuhnya dibenarkan," Eslen menyimpulkan.

Pada 2019, AS mengeluarkan Turki dari program pesawat tempur gabungan F-35 setelah Ankara membeli sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia. Awalnya, Ankara berencana memperoleh hingga 100 F-35 selama program tersebut. Seperti yang dilaporkan Defense News pada Juli 2020, delapan produksi pesawat Lot 14 F-35A yang awalnya direncanakan untuk dikirim ke Turki pada 2022-23 dialihkan ke Angkatan Udara AS, sementara enam jet F-35A lainnya yang dimodifikasi untuk Turki telah ditambahkan ke anggaran pertahanan AS.
(ber)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1003 seconds (0.1#10.140)