Yunani Beli F-35, Turki Akan Gunakan S-400

Kamis, 19 November 2020 - 15:14 WIB
loading...
Yunani Beli F-35, Turki Akan Gunakan S-400
Turki akan menggunakan dan menyebarkan sistem pertahanan rudal S-400 Rusia jika Yunani membeli jet tempur siluman F-35 AS di tengah ketegangan kedua negara. Foto/theaviationgeekclub
A A A
ANKARA - Seorang pensiunan jenderal Turki mengatakan Ankara menghadapi tekanan yang meningkat dari Yunani di wilayah Mediterania Timur yang membuat keputusannya untuk menyebar dan mengoperasikan sistem pertahananrudal S-400 dapat dibenarkan. Hal itu diungkapkan mengomentari dugaan rencana Athena untuk mengakuisisi jet siluman F-35 generasi kelima pada tahun 2021.

Pada 16 November, surat kabar mingguan Yunani Proto Thema melaporkan bahwa Athena sedang berusaha untuk membeli hingga 24 jet tempur F-35 generasi kelima baru atau bekas dari Amerika Serikat (AS). Laporan itu mengutip surat yang ditulis oleh Kepala Direktorat Jenderal Investasi dan Persenjataan Pertahanan Yunani, Theodoros Lagios. Menurut surat kabar tersebut, Athena tergesa-gesa karena sistem anti-pesawat S-400 Rusia yang diperoleh Turki dapat menimbulkan masalah" untuk aktivitas sehari-hari di angkatan udara Yunani.

"Jika Yunani membeli pesawat tempur F-35, Turki akan menggunakan sistem S-400 untuk melawan mereka. Seluruh dunia tahu bahwa pesawat tempur ini tidak 'tidak terlihat' untuk sistem deteksi pertahanan udara buatan Rusia. Inilah tepatnya yang menjadi perhatian Amerika Serikat," kata Nejat Eslen, pensiunan mayor jenderal Angkatan Bersenjata Turki, seperti dikutip dari Sputnik, Kamis (19/11/2020).



Menurutnya, AS harus berpikir dua kali sebelum memperkuat pasukan militer Yunani karena dukungan penuh dan tanpa syarat Washington untuk Yunani di kawasan Aegean dan Mediterania Timur bukan untuk kepentingan Amerika.

"Turki adalah pemain yang sangat penting bagi Amerika Serikat dan NATO secara umum dalam hal posisi geopolitik dan kemampuan riil," ujarnya.

"AS harus memperhitungkan keseimbangan kekuatan strategis antara Turki dan Yunani," imbuhnya.

Harian Yunani Kathimerini melaporkan pada 16 November bahwa Menteri Pertahanan negara itu Nikos Panagiotopoulos telah bersiap untuk memperoleh enam jet F-35, dengan beberapa jam terbang, menunjukkan bahwa mereka dapat dikirim ke Yunani pada tahun 2021. Menurut outlet media, 18 lagi jet siluman generasi kelima Amerika akan dibeli pada waktunya.

Surat kabar itu juga melaporkan bahwa selain membeli jet F-35, pemerintah Yunani juga berencana untuk memperkuat angkatan udaranya dengan pesawat Rafale buatan Prancis, kendaraan udara tak berawak (UAV), dan sistem respons drone, kata surat kabar itu. Ditambahkan bahwa tujuan terakhir adalah untuk membuat angkatan udara Yunani mampu mendukung berbagai operasi yang signifikan di seluruh Mediterania Timur sehingga mencapai keseimbangan strategis vis-a-vis Turki di kawasan itu.

"Jika Yunani terus mendorong akuisisi F-35, Turki akan dapat meminimalkan efisiensi penggunaan pesawat tempur ini di Athena dengan menggunakan S-400," tegas Eslen. (Baca juga: Erdogan Marah S-400 Terus Diusik, Tantang AS Jatuhkan Sanksi ke Turki! )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1665 seconds (0.1#10.140)