Alaska Airlines Tabrak Mati Beruang Coklat di Bandara Yakutat

Selasa, 17 November 2020 - 11:29 WIB
loading...
Alaska Airlines Tabrak Mati Beruang Coklat di Bandara Yakutat
Penerbangan Alaska Airlines tabrak mati beruang coklat saat mendarat di Bandara Yakutat, Alaska. Foto/Courtesy RE Johnson via CNN
A A A
YAKUTAT - Dalam insiden yang tidak biasa, sebuah penerbangan Alaska Airlines menabrak hingga mati beruang coklat saat mendarat di Bandara Yakutat di Alaska, Amerika Serikat (AS).

Pihak masakapai dalam sebuah pernyataan mengatakan Alaska Airlines Flight 66 yang terbang dari Cordova mendarat di Yakutat pada Sabtu lalu. Saat itu, kru penerbangan melihat dua beruang melintasi landasan pacu.

"Gigi hidung meleset dari beruang, tetapi kapten merasakan benturan di sisi kiri setelah beruang lewat di bawah pesawat," bunyi pernyataan maskapai, seperti dikutip CNN, Selasa (17/11/2020).

Pilot kemudian melihat beruang tergeletak beberapa meter dari tengah landasan pacu saat ia menerbangkan pesawat Boeing 737-700 tersebut untuk parkir. (Baca: Pria 48 Tahun Nikahi Anak Perempuan 13 Tahun, Dijadikan Istri Kelima )

Penutup mesin kiri pesawat rusak akibat insiden itu dan teknisi pemeliharaan sedang bekerja untuk memperbaiki pesawat. Enam penumpang sedang dalam penerbangan saat itu, tetapi tidak ada korban luka yang dilaporkan.

"Boeing 737-700 sedang diperbaiki sebelum kembali beroperasi," lanjut pernyataan Alaska Airlines.

Petugas informasi publik untuk Departemen Transportasi dan Fasilitas Umum Alaska, Sam Dapcevich, mengatakan setelah diberi tahu tentang insiden tersebut, kru pemeliharaan dan operasi bandara memindahkan bangkai beruang dan membawanya ke gudang penyimpanan.

Pihak Departemen Ikan dan Permainan Alaska telah dihubungi untuk mengatur pembuangan bangkai beruang dengan benar.

"Hal seperti ini jarang terjadi," kata Dapcevich kepada CNN. "Saya telah berada di Alaska sepanjang hidup saya dan kami telah mengalami serangan pesawat dari burung dan hewan lainnya...tapi ini adalah contoh beruang pertama yang pernah saya dengar."

Kawasan bandara sebagian berpagar. Menurut Dapcevich, awak operasi bandara dilatih oleh Departemen Pertanian AS untuk menggunakan kembang api dan kendaraan untuk mencegah hewan mendekati landasan pacu dan mengganggu operasi pesawat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1588 seconds (0.1#10.140)