Arab Saudi pada Jerman: Kami Bisa Beli Senjata dari Negara-negara Lain

Selasa, 17 November 2020 - 06:06 WIB
loading...
Arab Saudi pada Jerman: Kami Bisa Beli Senjata dari Negara-negara Lain
Menlu Arab Saudi Adel Al-Jubeir. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Adel Al-Jubeir mengecam Jerman yang melarang penjualan persenjataan pada Saudi karena terlibat dalam perang di Yaman.

“Ide bahwa penjualan senjata dihentikan pada Arab Saudi karena perang Yaman saya pikir tidak logis. Kami pikir itu salah karena kami pikir perang di Yaman adalah perang yang sah. Ini perang yang kami terpaksa terlibat di sana,” ujar Adel Al-Jubeir, dilansir DPA dan Memo.

"Kami dapat membeli senjata dari sejumlah negara, dan kami melakukannya. Mengatakan bahwa kami tidak akan menjual senjata ke Arab Saudi, tidak membuat perbedaan bagi kami."

Menlu Saudi menekankan bahwa kerajaan tidak ingin menekan Jerman atas masalah ini. Dia mengingatkan bahwa Arab Saudi adalah importir senjata terbesar di dunia. (Baca Juga: Raja Salman Suarakan Dukungan untuk Rakyat Yaman Lawan Houthi)

“Koalisi Kanselir Jerman Angela Merkel menghentikan penjualan senjata ke Saudi pada Maret 2018 karena keterlibatannya dalam perang di Yaman,” ungkap laporan DPA. Larangan itu akan dicabut pada akhir tahun ini. (Lihat Infografis: Setelah Akui Biden Menang, Trump Mentweet: Saya Menang!)

Sebelum keputusan itu, Jerman mengekspor persenjataan senilai USD300 juta ke Saudi pada 2017. (Lihat Video: Arab Saudi Tutup Kembali Izin Umrah untuk Jamaah Indonesia)



Sejak Maret 2015, pasukan pimpinan Saudi melakukan sekitar 20.000 serangan udara di Yaman, sepertiga di antaranya mengenai target non-militer.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)