Kartel Narkoba China Diduga Diam-diam Beroperasi di Meksiko, Memasok AS

Jum'at, 13 November 2020 - 13:01 WIB
loading...
A A A
Selain itu, warga negara China yang terlibat dalam jaringan terlarang didokumentasikan untuk menyeberang melalui perbatasan selatan Meksiko di Frontera Corozal, di negara bagian Chiapas, ke Tapachula, di mana terdapat komunitas etnis China yang cukup besar, dan kemudian melakukan perjalanan dengan kereta api ke pantai Atlantik melalui wilayah yang dikuasai oleh Los Zetas.

Yang lainnya masuk langsung dari Asia, melewati pelabuhan di pantai Pasifik Meksiko, termasuk Puerto Vallarta di Jalisco, Manzanillo di Colima, dan Coyacan di Mazatlan atau tiba melalui udara langsung ke Mexico City di mana aktivitas jaringan perdagangan manusia China telah dilaporkan secara publik oleh Kantor Kejaksaan Agung.

Tetapi selama dua tahun terakhir, khususnya, telah terjadi "kejang" sebagai akibat dari otoritas AS dan Meksiko yang bekerja dalam misi bersama.

Pertama, Angkatan Laut Meksiko menyita lebih dari 25 ton fentanil China dalam perjalanan ke Culiacán, Sinaloa pada Agustus tahun lalu, dan DEA mengklaim telah mencegat lebih dari 1 juta pil fentanil di Phoenix dan Arizona sepanjang tahun 2019 saja.

Selain penangkapan Zheng lima bulan lalu, banyak penangkapan lain di AS juga telah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir terkait dengan keterlibatan China dalam perdagangan narkoba.

Bulan lalu, enam warga negara China dikenai berbagai tuduhan terkait dengan konspirasi yang diduga menghasilkan lebih dari USD30 juta selama 12 tahun terakhir dengan mendistribusikan uang narkoba ke Amerika Latin dari tanah AS, dan menurut Departemen Kehakiman (DOJ), mereka melakukan operasi kompleks dalam menawarkan suap kepada informan yang menyamar, pertukaran mata uang crypto, serta dimaksudkan untuk membuat identitas penipuan dan paspor AS palsu dalam skema jangka panjang.

Pada bulan Juni, warga negara China, Xueyong Wu, mengaku bersalah atas perannya dalam mencuci lebih dari USD4 juta keuntungan narkoba dalam hubungannya dengan organisasi di Amerika Latin dan Meksiko, hingga Virginia.

Pada bulan Maret, warga negara China; Xianbing Gan, dihukum di Chicago atas pencucian uang narkoba—total lebih dari setengah juta dolar—dari rekening bank tanah airnya dan dikirim ke agen perdagangan di Meksiko.

Pada tahun 2007, Zhenli Ye Gon, seorang pengusaha China-Meksiko, adalah salah satu orang pertama yang berada di bawah "tangan besi" karena dicurigai menyelundupkan bahan kimia prekursor ke Meksiko dari Asia. Meskipun mendapat izin dari pemerintah Meksiko untuk mengimpor zat untuk memberi makan perusahaan farmasi resmi Meksiko, dia ditangkap oleh otoritas federal di Maryland dan dituduh melakukan transaksi ilegal untuk menyedot metamfetamin ke AS, dan ratusan juta uang tunai disita dari rumahnya di selatan. Gon sejak itu mempertahankan ketidakbersalahannya dan diekstradisi ke Meksiko pada 2016.

Namun sejak saat itu, para pengamat menekankan bahwa aktivitas kriminal antara dua badan utama tersebut hanya tumbuh secara mendalam dan canggih atas nama imbalan uang tunai yang besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1128 seconds (0.1#10.140)