Kartel Narkoba China Diduga Diam-diam Beroperasi di Meksiko, Memasok AS

Jum'at, 13 November 2020 - 13:01 WIB
loading...
A A A
Dan bukan hanya raja obat bius China dan kartel Meksiko yang berdiri untuk meningkatkan laba mereka.

"Anda tidak dapat membawa apa pun ke negara ini tanpa membayar seseorang," kata Calderon. "Ada banyak 'pemecah masalah' dan penjaga yang ditugaskan di pelabuhan masuk ini membuat pembunuhan dari China juga."

Para ahli menekankan bahwa ini adalah mesin yang diminyaki dengan baik di mana setiap pemain memiliki peran dan bagian yang berbeda. Prosedur pencucian uang yang dipimpin kartel China di Meksiko dilaporkan memicu pertumbuhan dan peredaran narkoba yang lebih cepat, yang pada awalnya dikembangkan untuk digunakan sebagai obat bius dan penghilang rasa sakit hingga 100 kali lebih manjur daripada heroin.

Namun dalam kasus seperti Los Zheng, perusahaan farmasi dan bioteknologi yang sah digunakan sebagai "front" atau sebagai penyamaran antara misi legal dan ilegal. (Baca: Imbas Bom Pemakaman Jeddah, Putra Mahkota Saudi Bersumpah Terapkan 'Tangan Besi' )

Ketika kartel Meksiko, baru-baru ini, menaikkan taruhan pada produksi produk terkait fentanil mereka sendiri, sebagian besar masih bergantung pada mitra China untuk bahan kimia prekursor dan tetap menjadi pelanggan pasar gelap terbesarnya.

Jadi dengan fentanil mentah namun mudah dimasak dan dikonversikan seharga sekitar USD 2.000 per pon di China, relatif murahnya membuatnya sangat menguntungkan bagi kartel yang kemudian menyebarkan produknya di jalan-jalan AS.

"Selama 12 tahun terakhir, organisasi kriminal China telah menjadi tulang punggung kartel obat bius dengan bahan kimia yang dipasok ke kartel dan mencuci puluhan miliar keuntungan kartel di Amerika Utara dan Eropa," kata Richard Higgins, penulis "The Memo: Twenty Years Inside the Deep State Fighting for America First", yang juga presiden HTG, LLC, konsultan keamanan strategis dan perang informasi yang sebelumnya bertugas di Dewan Keamanan Nasional sebagai direktur perencanaan strategis. (Baca juga: Media China Balas Menlu AS Pompeo: Bersiaplah untuk Pergi! )

"Penjahat terorganisir China di selatan dan utara perbatasan sangat canggih menggunakan WeChat dan bentuk komunikasi terenkripsi lainnya."

Menurut Drug Enforcement Administration (DEA), Meksiko dan China adalah negara sumber utama untuk zat terkait fentanil dan fentanil yang diperdagangkan langsung ke Amerika Serikat.

DEA terus menunjukkan kartel Sinaloa dan Cártel de Jalisco Nueva Generación atau CJNG sebagai pelaku utama yang bertanggung jawab atas penjarahan fentanil dari Meksiko ke Amerika Serikat melalui koridor di Meksiko yang terhubung ke California dan Arizona, yang mengindikasikan peredaran narkoba melalui area terkait ini perlu disetujui oleh organisasi-organisasi tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)