Studi: Satu dari Lima Pasien COVID-19 Kena Sakit Mental dalam 90 Hari

Rabu, 11 November 2020 - 11:35 WIB
loading...
Studi: Satu dari Lima Pasien COVID-19 Kena Sakit Mental dalam 90 Hari
Petugas medis merawat pasien Covid-19. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Banyak penyintas COVID-19 cenderung berisiko lebih besar terkena penyakit mental. Peringatan ini diungkapkan setelah penelitian besar menemukan 20% dari mereka yang terinfeksi virus corona didiagnosis mengalami gangguan kejiwaan dalam waktu 90 hari.

Kecemasan, depresi, dan insomnia adalah yang paling umum di antara pasien COVID-19 yang pulih. Penelitian ini menyoroti masalah kesehatan mental.

Para peneliti dari Universitas Oxford Inggris juga menemukan risiko demensia yang lebih tinggi secara signifikan. Demensia merupakan kondisi gangguan otak.



“Orang-orang khawatir bahwa orang yang selamat dari COVID-19 akan memiliki risiko lebih besar terhadap masalah kesehatan mental, dan temuan kami menunjukkan kemungkinannya,” ungkap Paul Harrison, profesor psikiatri di Oxford. (Baca Juga: Pakar Prediksi Vaksin Covid-19 Tersedia untuk Seluruh Dunia pada 2023)

“Para dokter dan ilmuwan di dunia sangat perlu menyelidiki penyebabnya dan mengidentifikasi perawatan baru untuk penyakit mental setelah COVID-19,” papar Harrison. (Lihat Infografis: Penuh Rintangan, Bisakah Joe Biden Menjadi Presiden Hebat?)

Dia menambahkan, “Layanan (kesehatan) harus siap memberikan perawatan, terutama karena hasil penelitian kita cenderung meremehkan (jumlah pasien psikiatri).” (Lihat Video: Terkait Status Habib Rizieq, Ini Penjelasan Polisi)

Studi yang diterbitkan jurnal The Lancet Psychiatry menganalisis catatan kesehatan elektronik dari 69 juta orang di Amerika Serikat, termasuk lebih dari 62.000 kasus COVID-19. “Temuan itu kemungkinan besar akan sama untuk mereka yang terjangkit COVID-19 di penjuru dunia,” ujar para peneliti

Dalam tiga bulan setelah dites positif COVID-19, 1 dari 5 orang yang selamat tercatat memiliki diagnosis kecemasan, depresi, atau insomnia untuk pertama kali. “Ini dua kali lebih mungkin dibandingkan kelompok pasien lain pada periode yang sama,” ungkap para peneliti.

Studi ini juga menemukan orang dengan penyakit mental yang sudah ada sebelumnya, 65% lebih mungkin didiagnosis dengan COVID-19, daripada mereka yang tidak memiliki penyakit mental.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0316 seconds (0.1#10.140)