Hari Ini Gencatan Senjata Ketiga dalam Perang Armenia vs Azerbaijan

loading...
Hari Ini Gencatan Senjata Ketiga dalam Perang Armenia vs Azerbaijan
Tentara etnis Armenia di Nagorno-Karabakh tembakkan artileri dalam perang melawan pasukan Azerbaijan, 29 September 2020. Foto/Defense Ministry of Armenia/via REUTERS
A+ A-
YEREVAN - Gencatan senjata untuk kemanusiaan akan diberlakukan pada hari ini, Senin (26/10/2020), dalam perang antara Armenia dan Azerbaijan atas wilayah sengketa Nagorno-Karabakh.

Gencatan senjata ini merupakan yang ketiga kalinya sejak konflik hebat pecah 27 September lalu antara negara pecahan Soviet tersebut. Gencatan senjata ketiga ini ditengahi Amerika Serikat (AS). Yerevan dan Baku pada hari Minggu telah membuat pernyataan bersama tentang kesepakatan gencatan senjataa yang akan berlaku mulai hari Senin. (Baca: Jumlah Tentara Armenia yang Tewas di Karabakh Bertambah Jadi 963 Orang)

Menteri Luar Negeri kedua negara bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri AS Stephen Biegun pada hari Sabtu pekan lalu. "Menegaskan kembali komitmen untuk menerapkan dan mematuhi gencatan senjata kemanusiaan yang disepakati di Moskow pada 10 Oktober," bunyi pernyataan bersama mereka.

"Amerika Serikat memfasilitasi negosiasi intensif di antara para Menteri Luar Negeri dan Ketua Bersama Grup Minsk untuk membawa Armenia dan Azerbaijan lebih dekat ke penyelesaian damai (atas) konflik Nagorno-Karabakh," lanjut pernyataan tersebut, seperti dikutip dari AFP, Senin (26/10/2020).



Kedua negara itu sebelumnya sepakat gencatan senjata pada 10 Oktober dan 18 Oktober. Kedua kesepakatan itu dilanggar oleh baku tembak dan pejabat pemerintah kedua negara saling menyalahkan. (Baca: Pertempuran Baru Pecah di Nagorno-Karabakh setelah Perundingan)

Dalam pernyataan terpisah, OSCE Minsk Group, yang dibentuk untuk menengahi konflik dan dipimpin oleh Prancis, Rusia dan Amerika Serikat, mengatakan ketua bersama dan menteri luar negerinya akan bertemu lagi di Jenewa pada 29 Oktober untuk membahas penyelesaian damai dari Konflik Nagorno-Karabakh sesuai dengan prinsip dasar yang diterima oleh para pemimpin Azerbaijan dan Armenia.

Nagorno-Karabakh terletak di Azerbaijan, tetapi telah berada di bawah kendali pasukan etnis Armenia yang didukung oleh Armenia sejak perang di sana berakhir pada tahun 1994. Pertempuran terbaru yang dimulai pada 27 September telah melibatkan artileri berat, roket, dan drone, yang menewaskan ratusan orang dalam eskalasi terbesar dalam seperempat abad terakhir. (Baca juga: Beredar Video Tentara Armenia Dieksekusi Pasukan Azerbaijan)
(min)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top