Dari Protes ke Kotak Suara, Chile Gelar Referendum Rubah Konstitusi

Minggu, 25 Oktober 2020 - 15:36 WIB
loading...
Dari Protes ke Kotak Suara, Chile Gelar Referendum Rubah Konstitusi
Chile menggelar referendum untuk mengganti konstitusi. Foto/Deccan Herald
A A A
SANTIAGO - Setahun setelah lebih dari satu juta orang memadati pusat kota Santiago dalam aksi pemberontakan sosial terbesar di Chile , warga di negara ituhari ini Minggu (25/10/2020) akan memilih apakah akan mengubah konstitusi era kediktatoran negara itu.

Para pemilih diperkirakan akan hadir dalam jumlah besar, didorong oleh slogan-slogan yang berteriak dari dinding-dinding pusat kota Santiago yang dipenuhi grafiti, mengingatkan kembali pada aksi protes penuh luka kekerasan yang menewaskan 30 orang dan ribuan lainnya luka-luka.

"Chili yang memutuskan," dan "Saya ingin perdamaian jadi saya memberikan suara Tolak!" bunyi prasasti di pusat kota, tempat salinan konstitusi berjaket biru - yang menurut para kritikus disukai orang kaya - dijual sebagai suvenir.

"Pelajari bagaimana mereka memprivatisasi air kami," teriak seorang pedagang dari kios di jalan Paseo Huerfanos tengah seperti dilansir dari France24.

Sebuah gerakan protes yang setiap hari menarik ribuan orang ke jalan mencapai massa kritis pada tanggal 25 Oktober 2019, dan dalam beberapa minggu Presiden Sebastian Pinera telah setuju untuk memulai proses untuk menyusun konstitusi baru.

Tuntutan untuk konstitusi baru telah menjadi tema protes yang berulang, yang dipicu oleh kenaikan tarif angkutan umum. Mereka dengan cepat berubah menjadi demonstrasi yang meluas melawan ketidaksetaraan sosial dan ekonomi - mencakup kesehatan, pendidikan dan pensiun - yang diwarisi dari pemerintahan Augusto Pinochet 1973-1990.

Warga Chili akan ditanyai dua pertanyaan di surat suara: setuju atau menolak konstitusi baru, dan jika perlu, badan seperti apa yang harus menyusunnya - majelis campuran yang terdiri dari anggota parlemen dan warga negara, atau konvensi yang beranggotakan 155 orang yang seluruhnya warga negara.

Jajak pendapat menunjukkan lebih dari 70 persen mendukung konstitusi baru, dengan hanya 17 persen yang memberikan suara untuk penolakan.

Jajak pendapat juga menunjukkan dukungan serupa untuk konvensi semua warga negara konstituen, yang akan dipilih pada April 2021.

Draf mereka akan dimasukkan ke referendum lain pada tahun 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1794 seconds (0.1#10.140)