Selain Jokowi, Ini 7 Tokoh Indonesia yang Jadi Nama Jalan di Luar Negeri

Selasa, 20 Oktober 2020 - 15:16 WIB
loading...
A A A
3. Raden Ajeng Kartini

Raden Ajeng Kartini adalah pahlawan nasional Indonesia yang terkenal sebagai tokoh emansipasi perempuan. Namanya abadi sebagai jalan di Amsterdam yang tertulis sebagai R.A. Kartinistraat.

Sosok Kartini terkenal di Eropa karena pemikirannya yang muncul di berbagai surat ketika melakukan korespondensi dengan para tokoh perempuana Eropa. Selain di Amsterdam, R.A. Kartinistraat juga terdapat di Utrecht, Haarlem, dan Venlo.

4. Pattimura

Pattimura bernama lengkap Thomas Matulessy. Dia adalah pahlawan nasional Indonesia. Namanya dijadikan nama jalan di Wierden, Belanda, yang tertulis sebagai Pattimurastraat.

5. Martha Christina Tiahahu

Nama pahlawan nasional Indonesia asal Maluku ini juga abadi sebagai nama jalan di Wierden, Belanda. Nama jalannya adalah Martha C. Tiahahustraat. Lokasinya berdekatan dengan Pattimurastraat.

6. Sutan Syahrir

Sutan Syharir tecatat sebagai perdana menteri pertama Indonesia. Sosoknya dikenal sebagai tokoh diplomasi Indonesia dalam melawan Belanda. Namanya diabadikan sebagai nama jalan di Leiden, Gouda, dan Haarlem dengan tertulis sebagai Sutan Sjahrirstraat.

7. Munir Said Thalib
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)