Ingin Bentuk Armada Kapal Selam, China Perluas Galangan Kapal Bohai

Sabtu, 17 Oktober 2020 - 06:34 WIB
loading...
Ingin Bentuk Armada Kapal Selam, China Perluas Galangan Kapal Bohai
China memperluas galangan kapal Bohai agar bisa memproduksi lebih banyak kapal selam. Foto/USNI.org
A A A
BEIJING - Seiring dengan hasrat China untuk menjadi kekuatan di laut, kapal selam bertenaga nuklir sangat penting untuk menunjang rencana tersebut. Secara historis, armada kapal selam bertenaga nuklir China telah dibatasi oleh kapasitas konstruksinya yang terbatas. Sejauh ini, hanya ada satu galangan kapal di negara itu yang mampu melaksanakan tugas tersebut.

Guna mewujudkan rencana tersebut, galangan kapal tersebut telah mengalami perluasan besar-besaran. Citra satelit terbaru menunjukkan telah terjadi penambahan kapasitas di galangan kapal tersebut.

Armada kapal selam bertenaga nuklir China diperkirakan akan bertambah besar di tahun-tahun mendatang. Perkembangan terbaru ini menunjukkan bahwa China dapat memompa kapal selam dengan kecepatan yang lebih besar.(Baca juga: Jepang Desak China Tarik Kapal Perang dari Perairan Kepulauan Senkaku )

Dilansir dari laman USNI.org, Sabtu (17/10/2020), citra satelit komersil ShadowBreak Intl menunjukkan Galangan Kapal Bohai di Huludao, China, tengah membangun sebuah aula. Bangunan itu pada dasarnya tampak identik dengan yang dibangun di sana pada tahun 2015. Diyakini aula baru itu akan digunakan untuk pembangunan kapal selam nuklir generasi baru.

Aula baru itu diperkirakan cukup besar untuk memungkinkan pembangunan dua kapal selam secara bersamaan. Ketika ditambahkan ke aula lain yang baru dibangun, aula itu akan memungkinkan empat kapal berada di gudang sekaligus. Dan ada aula konstruksi lain yang jauh lebih tua di ujung lain situs, yang jika masih aktif, dapat menambahkan kapal lain. Jadi empat atau lima kapal sekaligus.

Semua kapal selam nuklir China dibangun di galangan kapal Bohai, sehingga kapasitasnya akan menjadi faktor utama dalam total kekuatan armada. Kapal selam nuklir itu termasuk kapal selam rudal balistik (SSBN) dan kapal selam serang (SSN).

Ada tiga kelas kapal selam baru yang mungkin dibangun di Bohai. Yang paling mudah adalah Type-09IIIB (juga ditulis Type-093B). Tipe ini adalah peningkatan pada kapal selam Kelas Shang-II Type-09IIIA saat ini. Peningkatan utama yang diharapkan adalah dimasukkannya rudal jelajah dalam tabung peluncuran vertikal. Ini akan memungkinkannya untuk membawa peningkatan muatan rudal jelajah, meningkatkan kemampuan serangan strategisnya. Rudal jelajah YJ-18 secara umum dianalogikan dengan keluarga rudal Kalibr Rusia. China sudah mengoperasikan Kalibr dari beberapa kapal selamnya.

Lebih maju dari keluarga Type-09III adalah generasi berikutnya Type-09V Tang Class alias Type-095. Kapal ini diharapkan menjadi semua Type-09IIIB, dan juga lebih tersembunyi.(Lihat video: Dua Kapal Asing Berbendera Vietnam Ditangkap TNI AL )

Jenis proyeksi ketiga adalah kapal selam rudal balistik generasi berikutnya (SSBN). Type-09VI (Type-096) akan mengikuti generasi saat ini Type-09IV Jin Class (Type-094). Mereka diharapkan menambah enam Type-09IV alih-alih menggantinya, yang mengarah ke peningkatan bersih armada SSBN China.

Laporan Kekuatan Militer China 2020 ke Kongres memproyeksikan peningkatan menjadi delapan SSBN pada tahun 2030.

Berapa banyak kapal selam nuklir yang akan dibangun China selama sepuluh tahun ke depan adalah topik hangat. Office of Naval Intelligence (ONI) baru-baru ini memperkirakan armada kapal selam China akan bertambah enam kapal selam bertenaga nuklir pada tahun 2030. Pengamat lain, seperti pensiunan Kapten James Fanell yang merupakan Direktur Intelijen dan Operasi Informasi untuk Armada Pasifik Angkatan Laut AS, menempatkan perkiraan mereka lebih tinggi. Yang nampak jelas adalah jumlah kapal selam nuklir akan bertambah.

Pertumbuhan angkatan laut China tidak luput dari perhatian Washington. Sebagai respon, Angkatan Laut AS harus menyesuaikan diri. Menguraikan usulan Angkatan Perang 2045, Menteri Pertahanan Mark Esper mengatakan bahwa AS harus mulai membangun tiga kapal selam Kelas Virginia per tahun sesegera mungkin. Ini akan membangun kekuatan kapal selam yang lebih besar dan lebih kapabel. Pasukan yang diusulkan akan mencakup 70-80 kapal selam serang, yang digambarkan sebagai platform bertahan dari serangan dalam konflik kekuatan besar di masa depan.(Baca juga: Lawan China, AS Butuh Lebih dari 500 Kapal Perang )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)