Eks Menhan Dicokok AS, Presiden Meksiko Bersumpah Akan Bersih-bersih

loading...
Eks Menhan Dicokok AS, Presiden Meksiko Bersumpah Akan Bersih-bersih
Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador, berjanji untuk membersihkan angkatan bersenjata. Foto/Daily Sabah
A+ A-
MEXICO CITY - Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador, berjanji untuk membersihkan angkatan bersenjata setelah mantan menteri pertahanan (Menhan) negara itu ditangkap Amerika Serikat (AS) atas tuduhan narkoba. Meski begitu Obrabor tetap memberikan dukungan kepada pimpinan militer Meksiko saat ini.

Sehari setelah penahanan Salvador Cienfuegos, menteri pertahanan dari 2012 hingga 2018, di Los Angeles, Lopez Obrador berjanji untuk menghukum siapa pun di dalam pemerintahannya yang terlibat dalam dakwaan tersebut.(Baca juga: Diduga Terlibat Peredaran Narkoba, Eks Menhan Mexico Dibekuk di AS)

"Kami tidak akan menutupi siapa pun," tegasnya, sebelum menyuarakan dukungan penuh untuk penerus Cienfuegos sebagai kepala militer dan mitranya di angkatan laut, mencatat bahwa dia secara pribadi telah memeriksa kejujuran mereka.

"Mereka tidak bisa rusak," tambahnya pada konferensi pers seperti dilansir dari Reuters, Jumat (16/10/2020).



Beberapa pejabat Meksiko secara pribadi terkejut dengan penahanan Cienfuegos di bandara Los Angeles. Mereka khawatir itu adalah intervensi AS yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap simbol keamanan nasional Meksiko.

Tetapi Lopez Obrador dengan cepat memasukkan penangkapan itu ke dalam narasinya bahwa para pendahulunya telah memimpin peningkatan korupsi yang melemahkan di Meksiko, yang selama bertahun-tahun telah dikejutkan oleh tingkat kekerasan geng narkoba yang seringkali mengerikan.(Baca juga: Geng Bersenjata Tembaki Kelab Malam Meksiko, 11 Orang Tewas)

"Jika kita tidak berbicara tentang negara narco, orang pasti dapat berbicara tentang pemerintahan narco, dan tanpa ragu, tentang pemerintahan mafiosi," ujar Lopez Obrador.



"Kami sedang membersihkan, memurnikan kehidupan publik," sambungnya.
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top