Diduga Terlibat Peredaran Narkoba, Eks Menhan Mexico Dibekuk di AS

Jum'at, 16 Oktober 2020 - 15:54 WIB
loading...
Diduga Terlibat Peredaran Narkoba, Eks Menhan Mexico Dibekuk di AS
Mantan Menteri Pertahanan Meksiko, Salvador Cienfuegos Zepeda dilaporkan telah ditangkap oleh otoritas Amerika Serikat, karena diduga terlibat peredaran narkoba. Foto/Ist
A A A
MEXICO CITY - Mantan Menteri Pertahanan Meksiko , Salvador Cienfuegos Zepeda dilaporkan telah ditangkap oleh otoritas Amerika Serikat (AS) . Zepeda ditangkap karena diduga terlibat peredaran narkoba.

Menteri Luar Negeri Meksiko, Marcelo Ebrard mengatakan, Zepeda ditangkap di bandara Los Angeles, California. Tidak jelas apakah Zepeda ditangkap saat hendak meninggalkan atau hendak masuk ke AS. ( Baca juga: Geng Bersenjata Tembaki Kelab Malam Meksiko, 11 Orang Tewas )

"Duta Besar AS, Christopher Landau mengatakan kepada saya bahwa mantan Menteri Pertahanan Jenderal Salvador Cienfuegos Zepeda telah ditahan di bandara Los Angeles, negara bagian California," ucap Ebrard, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (16/10/2020).

Sementara itu, Administrasi Penegakan Narkoba AS (DEA) mengatakan bahwa penangkapan pria yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan Meksiko dari tahun 2012 hingga 2018 tersebut adalah atas permintaan mereka.

Zepeda adalah mantan pejabat senior terbaru dari Meksiko yang ditahan, setelah mantan Sekretaris Keamanan Publik Meksiko, Genaro Garcia Luna ditangkap pada Desember 2019 oleh agen federal di Dallas, Texas.

Pada bulan Juli, AS mendakwa dia dan dua rekan seniornya karena diduga terlibat dalam konspirasi perdagangan kokain. ( Baca juga: Tulang Belulang Raksasa Berceceran, Arkeologi Temukan Sarang Gajah Purba )
(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2030 seconds (11.252#12.26)