Penyebab Jatuhnya Jet Tempur F-35 AS di Eglin, dari Software hingga Helm

Kamis, 08 Oktober 2020 - 09:09 WIB
loading...
A A A
“Merasa bingung, tidak berdaya dan diabaikan, pilot itu mengeluarkan suara," bunyi laporan investigasi, seperti dikutip Air Force Magazine, Rabu (7/10/2020).

Penyelidikan menetapkan bahwa tiga detik masukan pilot tidak cukup waktu untuk mengatasi kejenuhan itu dan sistem kontrol penerbangan gagal mengarahkan kembali pesawat untuk berputar-putar. Seluruh kecelakaan terjadi dalam waktu lima detik sejak touchdown awal. (Baca juga: Israel Ketakutan Jika AS Benar-benar Jual Jet Tempur Siluman F-35 ke UEA )

F-35 merasakan ketika bobotnya ada di roda, dan ini bias kontrol penerbangan untuk menjaga hidung tetap rendah. Aspek hukum kontrol penerbangan ini tidak ada dalam manual atau silabus penerbangan, dan sistem kontrol penerbangan itu kompleks. "Ada yang terlalu banyak sub-mode dari (hukum kontrol) untuk dijelaskan di courseware. Namun demikian, ada kekurangan dalam logika (hukum kontrol) dan pengetahuan sistem kontrol penerbangan dalam panduan dasar F-35A dan akademisi," imbuh laporan investigasi Angkatan Udara AS.

Selama percobaan pendaratan, pilot mengalami ketidaksejajaran tampilan yang dipasang di helm (HMD) pada malam hari untuk pertama kalinya, di mana HMD tidak sejajar rendah bukan tinggi. Hal ini menyebabkan jet datang terlalu tinggi untuk pendaratan, bertentangan dengan data sistem pendaratan inersia dan petunjuk visual.

"Pilot itu melawan nalurinya sendiri untuk mendorong lebih jauh ke dalam kegelapan sebelum landasan pacu untuk memperbaiki lintasannya,” papar laporan tersebut. Sementara kru berlatih untuk situasi HMD-out, mereka tidak berlatih untuk misalignments.

Alih-alih mengurangi beban kerja, helm tampaknya telah menambahkannya dalam hal ini.

“Fokus yang dibutuhkan untuk secara mental menyaring simbologi yang terdegradasi, cahaya hijau dari proyektor HMD, secara visual memperoleh isyarat landasan pacu malam hari, mengoreksi dan kemudian menetapkan titik, melawan kegelapan di dekat landasan, dan memantau tren jalur luncur, mengalihkan perhatian (pilot) dari melibatkan (kompensator daya pendekatan) atau memperlambat ke pendekatan akhir."
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)